Ilustrasi (Foto: istockphoto)

MINEWS, JAKARTA – Beberapa kebiasaan ini kerap dilakukan orang secara sadar atau tidak. Namun orang yang melakukannya terkadang dianggap jorok.

Padahal, kebiasaan-kebiasaan yang dianggap jorok ini ternyata justru bisa berdampak baik bagi kesehatan. Kebiasaan apa saja? Berikut ulasannya.

Tidak Mandi

Kebiasaan mandi sekali dalam sehari sering dianggap jorok. Padahal justru bisa berdampak baik bagi kesehatan. Kebiasaan ini bisa menjaga kadar minyak tubuh yang dibutuhkan oleh kulit. Sehingga kulit tidak akan kering dan tetap elastis. Bakteri baik yang dibutuhkan kulit juga tidak akan mati.

Gigit Kuku

Ada sebagian orang yang punya kebiasaan menggigit kuku. Ini kerap dianggap jorok karena orang menganggap kuku sebagai sarangnya kuman. Tapi ternyata, menggigit kuku justru bisa membuat sistem imun meningkat. Menurut para peneliti, kebiasaan menggigit kuku juga bisa membuat seseorang terhindar dari alergi.

Buang Angin

Buang angin seringkali dianggap jorok dan tidak sopan. Padahal ini bagus lho buat kesehatan. Tidak mengeluarkan angin justru bisa membuat perut kembung atau bahkan mendatangkan gangguan kesehatan lainnya.

Meludah

Meludah sembarangan seringkali dianggap menjijikan. Tapi, meludah justru disarankan lho terutama saat berolahraga. Meludah bisa membantu kita untuk lebih mudah bernapas. Tubuh bisa menyerap oksigen secara efisien ketika kita membuang ludah saat olahraga.

Sendawa

Sendawa juga seringkali dianggap tidak sopan dan jorok, apalagi jika disertai suara keras. Tapi ternyata, kebiasaan sendawa baik untuk kesehatan. Sendawa akan membantu mengeluarkan angin dari perut. Jika angin tersebut tidak dikeluarkan justru bisa berakibat fatal buat kesehatan.