Sering Beli BBM di Pinggir Jalan? Ini Cara Bedakan Bensin Asli atau Oplosan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Tak sedikit orang membeli bensin eceran di pinggir jalan di saat kehabisan bahan bakar. Hal ini dilakukan dengan alasan karena daerah sekitar jarang ada stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU).

Namun, jangan asal beli, Anda perlu lebih teliti lagi, karena banyak bensin yang di jual itu sudah tidak murni tapi dicampur dengan bahan lain atau oplosan. Lalu, bagaimana cara membedakan bensin asli atau oplosan?

Melansir laman resmi Federal Oil, cara membedakan bensin asli atau oplosan pertama bisa dilihat dari warnanya. Bensin oplosan biasanya warnanya tidak pekat dan cenderung lebih bening karena ada campuran-campuran zat lain didalamnya

Cara kedua, tes celupkan jari kalian kedalam bensin. Tidak usah terlalu dalam, cukup satu ruas jari saja, setelah itu, diamkan sekitar satu menit, apakah bensin tersebut menguap dengan cepat ataukah masih ada sisa yang menempel di jari.

Kalau masih ada sisa yang menempel di permukaan jari kalian, dapat dipastikan itu adalah bensin oplosan.

Cara terakhir, tapi butuh media koran bekas untuk menggunakannya. Cukup celupkan koran bekas kedalam bensin yang terindikasi dioplos oleh penjualnya, nantinya jika koran tersebut luntur maka dapat dipastikan itu juga bensin oplosan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini