Semangat! Simak Tips Bisnis Online Kecil-kecilan Buat Para Newbie

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Maraknya bisnis online kecil-kecilan di sosial media akibat dampak dari pandemi Covid-19 ini memang bikin banyak orang terinspirasi untuk ikut membuatnya.

Namun, sebelum kamu memutuskan untuk berbisnis, ada banyak persiapan loh, yang harus kamu lakukan biar bisnismu lancar jaya.

1. Lakukan Riset dan Pengamatan

Baiknya, kamu melakukan riset atau ‘cek ombak’ terlebih dahulu sebelum menentukan bisnis apa yang akan kamu mulai. Cara ini bisa kamu lakukan dengan melakukan polling di sosial mediamu, seperti Intagram, Twitter hingga Facebook. Coba tanyakan ke followers-mu jenis produk apa yang sedang mereka sukai.

2. Tentukan Ide Bisnis

Nah, setelah risetmu berhasil dan kamu mendapatkan banyak data dari followers-mu, mulai deh untuk menentukan ide bisnis apa yang akan kamu mulai. Pastikan produk yang kamu jual menarik, inovatif dan sesuai pasar, agar laris manis terjual.

3. Pikirkan Kemasan

Memikirkan kemasan atau packaging produk yang akan kamu pasarkan merupakan nilai plus loh! Selain produknya, kemasan juga menjadi faktor daya tarik pembeli. Cobalah buat inovasi packaging yang unik atau reuseable. Kalau first impression-nya bagus, calon customer mu jadi bisa repeat order deh.

4. Tentukan Nama Produk

Nah, hal yang satu ini susah-susah gampang ya. Memilih nama dagangan untuk produk yang akan dipasarkan memang harus jeli. Jangan cuma asal unik dan menarik, kamu pun harus memastikan nama produkmu gak mirip dengan brand orang lain.

5. Minta Review (Testimoni)

Terakhir, biar daganganmu makin dikenal banyak orang, mintalah review ke calon customer kamu. Dengan di review, produk mu jadi semakin terkenal dan terpercaya karena adanya testimoni dari orang lain. Apalagi kalau customer mu seorang selebgram terkenal. Jadi makin famous deh.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Program AMANAH Kembangkan SDM Muda Kelola Potensi Kekayaan Aceh

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda di Tanah Rencong...
- Advertisement -

Baca berita yang ini