Selama di Rumah, 7 Jenis Olahraga Ini Bisa Dilakukan Agar Tubuh Tetap Bugar

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Sejak menyebarnya wabah virus corona membuat banyak negara kini telah menerapkan aturan lockdown, seperti Cina, Italia, Filipina, Denmark, dan lainnya.

Tidak hanya negara-negara tersebut, virus corona juga telah menyebar di lebih dari seratus negara di dunia, salah satunya Indonesia. Meskipun Indonesia belum menerapkan aturan lockdown, namun pemerintah telah menggalakkan imbauan kepada masyarakat untuk membatasi kegiatan di luar rumah, atau yang dikenal dengan istilah social distancing.

Merebaknya COVID-19 di Indonesia kini membuat banyak orang membatasi aktivitasnya di luar rumah dan membatasi bertemu banyak orang. Oleh karena itu, banyak yang menghabiskan waktu dengan berdiam di rumah, atau dikenal dengan istilah karantina mandiri.

Nah, biasanya akan muncul rasa bosan jika Anda juga berlama-lama menghabiskan waktu di rumah saja. Padahal ada banyak hal seru dan bermanfaat yang bisa dilakukan di rumah, salah satunya olahraga.

Berikut olahraga yang bisa Anda lakukan di rumah selama masa karantina mandiri

  1. Yoga

Yoga mungkin menjadi pilihan favorit bagi Anda yang ingin berolahraga selama masa karantina mandiri di rumah. Melakukan yoga di rumah selama masa karantina mandiri dapat membuat Anda lebih tenang dalam menghadapi ancaman penyakit yang ada di luar rumah.

Selain itu, yoga dapat membuat tubuh Anda terasa lebih rileks dan sehat. Namun, untuk menghindari risiko cedera karena tidak ada pelatih yang mengawasi, lakukan gerakan yoga yang sederhana saja.

  1. Aerobik atau Zumba

Selain yoga, olahraga ini menjadi pilihan olahraga di rumah yang juga populer. Aerobik atau zumba bisa dilakukan di rumah dengan cukup mendengarkan alunan musik atau menonton video melalui gadget yang tersedia di rumah Anda. Anda bisa mengikuti gerakan-gerakan dari aerobik atau zumba dari video tersebut.

Olahraga ini tidak membutuhkan waktu yang lama. Anda cukup melakukan aerobik atau zumba selama 30 menit dalam sehari. Bisa dilakukan di pagi hari atau sore hari, sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, agar lebih seru, Anda bisa mengajak anggota keluarga Anda lainnya di rumah untuk zumba bersama Anda.

  1. Lompat Tali

Olahraga yang satu ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin sesuatu yang mudah dan simpel. Lompat tali bisa dilakukan di dalam rumah dan tetap bisa membuat Anda berkeringat serta meregangkan otot.

Olahraga ini juga tidak memerlukan skill khusus untuk melakukannya, sehingga Anda bisa dengan mudah melakukan olahraga ini meskipun tanpa pengawasan dari pelatih olahraga Anda.

  1. Naik Turun Tangga

Naik turun tangga bisa menjadi pilihan olahraga bagi Anda yang bosan selama menjalani masa karantina mandiri di rumah. Namun, olahraga ini lebih mungkin untuk dilakukan bagi Anda yang memiliki rumah dengan dua lantai.

Cukup lakukan ini selama 10-15 menit. Lakukanlah naik turun tangga serutin mungkin, karena manfaatnya untuk membakar kalori sangatlah efektif.

  1. Hula Hoop

Hula hoop biasanya identik dengan permainan yang sering dimainkan oleh anak-anak. Namun, siapa sangka hula hoop bisa menjadi pilihan olahraga yang bisa dilakukan di rumah selama masa karantina mandiri.

Salah satu olahraga yang sering dianggap juga sebagai permainan ini, memang terlihat sederhana namun efeknya cukup luar biasa. Bagi wanita, hula hoop bermanfaat untuk membentuk pinggul yang indah dan bagi pria untuk melatih stamina bagian bawah tubuh.

  1. Angkat Beban

Angkat beban tidak hanya bisa dilakukan dengan datang ke tempat gym, namun Anda bisa melakukan olahraga ini di rumah.

Olahraga angkat beban tidak harus dilakukan dengan menggunakan dubble atau barble. Anda bisa menggantikannya dengan peralatan yang ada di rumah, seperti timbah yang berisi air atau sisa botol yang tidak terpakai.

  1. Push Up dan Sit Up

Push up dan sit up adalah olahraga ringan yang paling banyak dilakukan orang di rumah. Olahraga yang satu ini memang sangat banyak manfaatnya untuk tubuh seseorang. Push up dapat memperkuat otot lengan Anda sedangkan sit up baik untuk melatih dan membentuk perut.

Push up dan sit up ini bisa Anda lakukan sendirian atau bisa juga dengan dua orang. Ajaklah anggota keluarga Anda lainnya untuk melakukan olahraga push up dan sit up ini selama masa karantina mandiri di rumah.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini