Selalu Ada Humor dalam Karya PSY

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA –  Park Jae-sang atau lebih dikenal dengan nama panggungnya PSY adalah penyanyi, penulis lagu, rapper, dan produser rekaman asal Korea Selatan. Lewat single lagunya “Gangnam Style”, membuat ia diakui sebagai salah satu artis papan atas internasional.

Kreatifitas yang inovatif dalam berkarya, mungkin hal yang dapat dilihat dalam setiap karyanya. Ia tidak sembarangan dalam membuat lagu, selalu ada konsep dan makna tersendiri di dalam setiap lagu ciptaannya.

Sebagai contoh, lagu “Gangnam Style” yang ditonton hingga 2,9 miliar kali di YouTube, memiliki arti yang menyindir masyarakat Korea yang selalu tergila-gila dengan penampilan fisik yang sempurna sehingga operasi plastik yang dilakukan di sana sudah dianggap biasa.

Selain itu, setiap video klip lagu ciptaan musisi yang lahir 31 Desember 1977 ini, adalah sisi humor yang dibawakan. Hal tersebut tidak terjadi secara instan, namun dalam proses pengerjaan video klipnya, PSY selalu memikirkan terlebih dahulu scene apa yang dapat membuat orang dapat tertawa.

Setelah mendapatkan konsep scene yang lucu, ia akan mengarahkan semua kru untuk dapat beradegan seperti yang ia arahkan. Hal-hal seperti ini dibutuhkan sense of humour dan kreatifitas yang sangat tinggi. Pengerjaan video klipnya pun dilakukan secara profesional, mulai dari koreografi, kostum, lokasi syuting, dan proses editing yang dipikirkan secara baik.

Lagu-lagu yang ia ciptakan begitu fenomenal. Selain “Gangnam Style”, ada pula “New Face” yang ditonton 64 juta kali dan “Hang Over” sebanyak 299 juta kali. Hal tersebut membuatnya mendapatkan banyak penghargaan, seperti Guiness Worlds Records sebagai Most Viewed Video Online, Most Liked Video Online, First Video To Be Viewed More Than One Billion Timer, dan lain-lain.

Pada sisi lain, sebenarnya PSY dilahirkan dari keluarga yang cukup berada, tinggal di wilayah Gangnam, salah satu tempat di Korea Selatan yang banyak ditinggali oleh kaum elite di ssana. PSY diminta melanjutkan usaha keluarganya di USA.

Namun, secara tegas ditolak dan lebih memilih tetap di Korea Selatan untuk menjadi seorang entertainer. Hal sederhana juga dilakukan ketika memilih pasangan hidup, ia lebih memilih untuk menikahi wanita yang bukan dari kalangan artis. Mereka menikah pada saat keduanya menginjak umur 29 tahun pada 14 Oktober 2006.

Istrinya bernama Yoo Hye-Yeon. Mereka sama-sama memiliki ketertarikan di bidang musik, mereka bertemu di Yonsei University. Mereka berpacaran selama tiga tahun sebelum memutuskan untuk menikah, kini sudah dikaruniai anak kembar perempuan.

Reporter : Afif Ardiansyah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini