Selain Kaya Nutrisi, Ini Lima Manfaat Buah Rambutan Bagi Kesehatan

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Indonesia memiliki berbagai macam buah yang enak dan lezat untuk di nikmati. Salah satunya Rambutan, buah yang memiliki nama latin Nephelium lappaceum ini merupakan buah asli Asia Tenggara.

Sekilas buah berwarna merah ini memang tampak seperti Leci. Buah dengan ciri khas berambut ini ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan jika dikonsumsi. Nah, apa saja manfaat buah rambutan ini:

1. Kaya nutrisi dan antioksidan

Sama seperti jenis buah pada umumnya, buah rambutan kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Dilansir dari Healthline, setiap 100 gram daging rambutan mengandung 1,3-2 gram serat yang baik untuk tubuh. Bahkan, kandungan serat ini setara dengan apel, jeruk, atau pir dalam berat yang sama.

Manfaat buah rambutan lainnya juga dapat membantu menyerap zat besi lebih mudah di dalam tubuh. Ini karena buah rambutan mengandung kaya vitamin C yang berperan sebagai antioksidan alias penangkal radikal bebas.

2. Kaya akan mineral

Selain kaya vitamin, buah rambutan juga mengandung banyak mineral penting, lho! Mineral utamanya terletak pada kandungan tembaga dalam daging rambutan. Tembaga ini berperan penting dalam pertumbuhan dan pemeliharaan berbagai sel tubuh, baik sel tulang, otak, dan jantung.

3. Melancarkan pencernaan

Rambutan termasuk salah satu jenis buah-buahan yang baik untuk melancarkan pencernaan. Sekitar setengah daging buahnya mengandung serat tidak larut air. Maksudnya, jenis serat ini tidak menyatu dengan air dan langsung melewati sistem pencernaan.

4. Membantu menurunkan berat badan

Sama seperti kebanyakan buah-buahan lainnya, makan rambutan bisa menjadi senjata utama bagi Anda yang ingin melangsingkan tubuh dengan cara yang sehat. Ya, buah yang satu ini bisa membantu mencegah kenaikan berat badan sekaligus menurunkan berat badan.

5. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Para ahli mengungkapkan bahwa manfaat buah rambutan bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Menurut sebuah penelitian dalam jurnal LWT-Food Science and Technology tahun 2009, buah rambutan mengandung sifat antioksidan dan antibakteri yang dapat melindungi tubuh dari serangan penyakit.

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini