MATA INDONESIA, JAKARTA – Banyaknya penggunaan barang elektronik dengan teknologi canggih bisa memberikan dampak buruk terhadap kualitas udara di dalam rumah. Banyak penilian yang menyebutkan barang elektronik dapat menyebabkan udara menjadi tidak murni.

Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) pernah melakukan penelitian tentang bagaimana cara memurnikan udara di pesawat luar angkasa. Mereka menemukan ternyata tanaman hias tertentu bisa menjawab keluhan mengenai kualitas udara.

Berikut 5 tanaman hias yang bisa membunuh racun di dalam rumah

1. Lili Paris

Lili Paris

Lili Paris atau yang bernama latin Clorophytum comosum memiliki manfaat baik jika ditanam di dalam rumah, khususnya di ruang minim cahaya. Tanaman ini mampu menyerap emisi dari kulis manusia, lukisan, foto, atau produk cetak lainnya. Lili Paris memiliki kemampuan membersihkan udara. Untuk perawatan, tanaman ini tidak terlalu membutuhkan cahaya matahari. Ia tumbuh di tanah yang kering, suhu sekitar dingin, dan dengan cahaya yang remang-remang.

2. Saliyah atau Azalea

Azalea

Tanaman ini selain memiliki bunga yang indah, juga memiliki kemampuan untuk menyaring senyawa formalin dan benzela yang berasal dari detergen dan perabot furnitur rumah. Awalnya tanaman ini tumbuh di iklam sedang di wilayah hutan atau berawa. Bentuknya yang cantik sangat bagus ditanam di dalam rumah, khususnya di wilayah dapur.

3. Beringin

Beringin

Bukan menjadi pohon yang perlu ditakutkan, beringin yang bernama latin Ficus benjamina ini bisa dijadikan tanaman hias yang eksotis. Manfaatnya jika ditanam di dalam rumah adalah mampu menetralisir formalin, toluene, xylene, dan amoniak yang berbahaya untuk kesehatan. Beringin sangat cocok diletakkan di dekat printer, scanner, dan peralatan kantor lainnya yang mengandung senyawa kimia berbahaya. Selain itu, beringin sangat baik untuk menjaga kelembapan udara.

4. Lidah Buaya

Tanaman ini dipercaya memiliki kemampuan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Tak sedikit lidah buaya dijadikan sebagai bahan pengobadan seperti penyakit kulit, luka iris, dan juga luka bakar. Selain itu, tanaman ini juga mampu menyerap karbon dioksida dan melepaskan okseigen pada malam hari, ini sangat cocok ditanam di kamar untuk menambah oksigen saat Anda tertidur.

5. Geranium

Geranium

Ingin rumah tetap terjaga kewangiannya secara alami, tanaman ini sangat cocok untuk ditanam di dalam rumah. Geranium atau yang bernama latin Pelargonium ini mampu mendekontaminasi dan menghilangkan bau pada ruangan. Selain itu, ia juga memiliki kemampuan membunuh bakteri dan mengusir berbagai macam bakteri juga dapat membuat tidur nyenyak dan menenangkan sistem saraf. (Maropindra Bagas/R)

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here