Sejarah Rumah Makan Padang di Jakarta

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Rumah makan Padang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Jakarta. Banyak tempat yang bisa kita kunjungi untuk mencicipi cita rasa masakannya.

Ada cukup banyak rumah makan Padang di Jakarta, mulai dari Rumah Makan Sederhana, Rumah Makan Saribundo, Rumah Makan Surya, Rumah Makan Garuda, Rumah Makan Pagi Sore, dan masih banyak lagi. Walaupun sama-sama rumah makan Padang, tapi sejarah dan cita rasanya berbeda lho.

Rumah Makan Sederhana misalnya, didirikan pertama kali pada tahun 1973 di Minangkabau Sumatra Barat tepatnya di atas rumah tradisional, Rumah Gadang. Rumah makan Padang Sederhana pertama kali dirintis oleh H. Bustaman. Dia sukses menjalani bisnisnya hingga membuka 100 cabang restoran di berbagai daerah di dalam dan luar negeri.

Saat itu, ia hanya seorang tukang cuci piring di satu rumah makan. Barulah pada tahun 1970 Bustaman memberanikan diri untuk merantau. Singkat cerita, ia mulai membuka usaha warung makan dengan bermodalkan pengalaman kerja sebagai tukang cuci piring di warung makan. Hingga saat ini, rumah makan Padang milik H. Bustaman masih ramai dikunjungi dan memiliki beberapa cabang.

Selain itu ada juga Rumah Makan Padang Sari Bundo yang memiliki beberapa cabang di Jakarta dan luar Jakarta. Rumah makan ini merupakan rumah makan tertua di Jakarta yang berdiri sejak tahun 1967.

Sari Bundo memiliki arti keahlian seorang ibu dalam mengolah masakan sehingga menjadi santapan bercita rasa Minang dengan kualitas tinggi dan menjadikannya sosok legenda dalam dunia kuliner. Rumah makan ini juga terkenal dengan cita rasanya yang autentik. Menu yang paling menjadi favorit adalah ayam pop, rendang, dan sambal goreng hati.

Ada lagi Rumah Makan Padang Pagi Sore. Rumah makan ini berdiri sejak tahun 1973 dan sudah tersebar di berbagai kota. Restoran ini menyajikan berbagai menu khas Minang dengan cita rasaasli Minang. Menu yang paling dicari adalah rendang, karena memiliki tekstur yang empuk dan bumbu yang meresap hingga ke dalam daging.

Tentunya sangat menggugah selera bukan? Masih banyak lagi rumah makan Padang yang bercita rasa autentik di Jakarta yang bisa kita cicipi, seperti dari RM Garuda, RM Surya, dan lain-lain.

Reporter : Githa Mevishania

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini