Sehat Ala Jokowi, Rutin Minum Racikan Kunyit, Jahe dan Temulawak

Baca Juga

MATAINDONESIA, JAKARTA-Olahraga menjadi hal wajib yang harus dilakukan untuk membuat tubuh menjadi sehat dan bugar. Namun, hal itu saja tidak cukup, perlu ada asupan nutrisi yang mendukungnya.

Nah, lewat video singkat di Instagram, Presiden Joko Widodo (Jokowi) membeberkan racikan minuman yang ia nikmati tiap pagi. Ada kunyit hingga temulawak yang jadi bahannya.

Untuk menjaga kebugaran tubuhnya dengan padatnya rutinitas sebagai kepala negara, Ayah 3 anak itu rupanya terbiasa minum racikan minuman sehat sebelum bekerja.

“Pagi hari ini saya akan memulai aktivitas kantor tapi ini masih di rumah, di Istana Bogor. Biasanya saya kalau pagi itu sebelum beraktivitas minum jamu,” mengawali videonya.

Jamu yang ia maksud merupakan campuran rempah-rempah sehat. Ada temulawak, jahe, dan kunyit yang jadi bahan utama. Semua rempah itu ditumbuk atau dirajang-rajang. Lalu, semuanya diseduh air panas yang kemudian disaring dan lalu diminum.

Ia katakan, soal cara pembuatan jamu itu dan meminumnya sudah ia lakukan sejak 18 tahun lalu sampai sekarang. Saya rasa itu memberikan manfaat bagi kesehatan terutama untuk kebugaran tubuh.

Nah, tips kesehatan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini bisa dijadikan referensi bagi kalian yang memiliki aktivitas yang padat sekali setiap harinya. Silahkan mencoba di rumah.

Diketahui, temulawak merupakan tanaman rimpang yang bentuknya mirip kunyit dengan umbi lebih besar. Temulawak dikenal dengan manfaat meningkatkan nafsu makan pada anak. Penggunaannya pun sangat jamak di dalam pembuatan jamu.

Manfaat lainnya adalah mengatasi masuk angin dan mengatasi demam. Sementara kandungan phelandren dalam temulawak diyakini bisa mengeluarkan toksin dari dalam tubuh.

Sedangkan Jahe terkenal dengan efeknya hangatkan perut dan tenggorokan. Rempah ini pun sering ditambahkan ke dalam racikan minuman hangat seperti wedang atau teh. Jahe disebut-sebut ampuh sehatkan sitem pencernaan, atasi mual, serta masuk angin.

Sementaar kunyit memang kerap jadi pelengkap temulawak. Rempah berwarna kuning ini mengandung kurkumin, antioksidan yang ampuh cegah peradangan di tubuh.

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini