Sedang Tren, Ini 5 Jenis Ikan Cupang yang Paling Banyak Dicari

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Siapa sangka, kegiatan memilihara Ikan Cupang hias kini menjadi tren di tengah masa pandemik. Ikan yang berukuran kecil dan mempunyai beragam warna ini semakin diminati masyarakat guna menghilangkan stres selama berkegiatan di rumah aja. Mulai dari masyarakat biasa, selebritis hingga para kolektor ikan hias kini mulai menggeluti hobi, mempelihara ikan cupang.

Ikan Cupang atau yang nama latinnya dikenal dengan sebutan Betta Fish adalah ikan air tawar yang habitat aslinya berada di beberapa negara Asia antara lain Indonesia, Thailand, Malaysia, Singapura, Vietnam dan Brunei Darussalam. Jenis ikan ini mempunyai bentuk dan karakter yang unik dan cenderung agresif dalam mempertahankan wilayahnya. Ada beragam jenis Ikan Cupang yang kini banyak diburu, mulai dari harga puluhan ribu hingga jutaan rupiah. Penasaran jenis ikan cupang apa saja yang harganya murah dan mahal? Yuk simak berikut ini,

1. Blue Rim

Dikalangan pecinta Ikan Cupang kepopuleran Blue Rim tidak diragukan lagi. Blue Rim adalah Ikan Cupang Thailand yang memiliki warna dasar putih atau juga krem dan berwarna biru di bagian tepi atau seluruh siripnya. Biasanya dari ratusan telur hanya 5-10 persen ikan yang menjadi Cupang Blue Rim dengan kualitas yang baik. Kisaran harga Ikan Cupang jenis Blue Rim ini beragam mulai dari harga 250 ribu bahkan ada yang sampai 15 Juta, tergantung grade dari Ikan Cupang Blue Rim ini.

2. Avatar Betta Fish

Ikan Cupang ini merupakan jenis cupang hias Hibrid yang berasal dari Thailand. Cupang Avatar didominasi warna gelap dengan khas sisik mutiara acak yang ada di tubuhnya. Ada banyak jenis dari Ikan Cupang Avatar ini diantaranya, Avatar Gordon, Avatar Cooper, Avatar Red Koi, Avatar Blue, Avatar Nemo, Avatar Candy dan masih banyak jenis lainnya dengan beragam warna unik yang mampu menarik perhatian para pecinta Ikan Cupang. Kisaran harga Ikan Cupang jenis avatar ini masih tergolong mahal. Berada di kisaran harga 100 ribu hingga 5 Juta rupiah.

3. Plakat

Plakat adalah jenis Ikan Cupang khusus bertarung yang berasal dari Asia Tenggara. Plakat ini memiliki sirip yang lebih pendek, dengan ukuran tubuh yang besar dan kuat. Ikan Cupang ini termasuk varietas Betta yang paling agresif.

Plakat akan lebih senang jika ditempatkan di wadah yang cukup besar dan memiliki banyak ruang, karena mengingat sifat ikan cupang yang satu ini cukup aktif. Melansir dari situs bahasikan.com, Cupang jenis Plakat biasanya dijual mulai dari harga 60 ribu sampai 2 juta rupiah.

4. Fancy

Jenis Ikan Cupang ini awalnya dipopulerkan oleh peternak dari Thailand. Ikan Cupang jenis Fancy memiliki kombinasi warna yang beragam dan sangat cantik. Untuk Ikan Cupang jenis Fancy, biasanya berada di kisaran 100 ribu hingga 2 juta rupiah. Bahkan di negara asalnya, Ikan Cupang jenis Fancy ini pernah dijual sampai 20 juta per-ekornya, karena ikan ini dinilai memiliki bentuk warna yang menyerupai bendera Thailand.

5. Halfmoon

Halfmoon memiliki arti bulan separuh. Jenis Ikan Cupang Halfmoon ini memiliki sirip dan ekor yang seolah menyatu membentuk lingkaran. Bila dilihat dari samping, sirip Ikan Cupang ini berbentuk seperti bulan separuh. Ikan Cupang Halfmoon ini paling banyak dipelihara sebagai ikan hias karena keindahannya. Kisaran yang dibandrol untuk ikan jenis Halfmoon tergolong lebih murah dari ikan-ikan cupang sebelumnya, berada di harga 40 ribu sampai 500 ribu per-ekornya.

Reporter: Miskatul Nisa Kamilah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini