Sebaiknya Anda Tau! 5 Kebiasaan di Indonesia yang Dianggap Tak Sopan di Luar Negeri

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Indonesia menjadi salah satu negara pilihan bagi para wisatawan manca negara untuk dikunjungi karena para penduduknya dikenal ramah dan sopan.

Namun ada beberapa sikap yang dianggap lumrah di Indonesia, malah dianggap aneh bahkan tak sopan di luar negeri lho. Berikut lima kebiasaan tersebut yang perlu kamu tau agar tak dianggap orang aneh, saat bertandang ke luar negeri.

Jadi penumpang taxi
Di Indonesia mungkin jadi hal biasa jika naik taxi kemudian memilih duduk di bagian belakang. Jarang penumpang Indonesia yang seorang diri langsung membuka pintu depan, duduk di samping sopir.

Ilustrasi naik taxi (istimewa)

Tapi kalau di Irlandia malah dianggap tak sopan lho, kenapa? Penumpang taxi Irlandia wajib duduk di samping sopir. Maksudnya agar kedudukan antara sopir dengan penumpang punya posisi derajat yang sama.

Senyum
Di Indonesia, senyum pertanda keramahan. Tapi tidak untuk di Rusia. Bagi orang Rusia senyum adalah pertanda kamu tertarik dengan seseorang.

Ilustrasi memberi senyum (istimewa)

Senyum hanya diberikan untuk mereka yang sudah saling kenal. Bahkan, penjaga toko pun tidak akan memberikan senyuman untuk pelanggannya.

Jadi, jangan heran kalau orang Rusia dikenal sebagai orang yang kurang ramah karena tak pernah senyum. Padahal, itu sudah menjadi tradisi mereka.

Menghabiskan makanan
Disaat kamu sedang bertamu dan diminta untuk makan terlebih dahulu, tentu kamu akan berusaha menghabiskan makanannya. Kamu pun berniat pula untuk piring yang kamu pakai makan tadi terlihat bersih.

Ilustrasi menghabiskan makanan sampai bersih (istimewa)

Tapi beda halnya kalau kamu sedang berada di Cina. Di sana, penduduknya jika makan tidak boleh terlihat piring bersih setelah makan. Loh kenapa?
Piring yang bersih menandakan si tuan rumah tidak cukup memberikan santapan kepada si tamu.

Uang tip
Biasanya di Indonesia, memberikan uang tip ditunjukkan atas rasa terimakasih kita sebagai pelanggan atau pembeli berterimakasih dan puas.

Ilustrasi memberi uang tip (istimewa)

Berbeda dengan Jepang. Jika kamu tidak sengaja memberikan uang tip, sama dengan penghinaan yang luar biasa kepada orang atau instansi yang terkait. Pemberian tip di sana sangat dihindari karena akan dicap sombong.

Membunyikan klakson
Semua kendaraan pasti punya klakson dan klakson tersebut bisa di bunyikan sesuka hati oleh pemiliknya. Bunyi klakson merupakan sinyal yang biasa di Indonesia.

Ilustrasi membunyikan klakson (istimewa)

Berbanding terbalik dengan Norwegia, bunyi klakson adalah tanda ada sesuatu yang tidak beres. Bisa jadi, jika kalian membunyikan klakson di Norwegia maka orang akan menyangka kamu sedang menderita penyakit atau sedang sekarat di dalam mobil.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini