Sayangi Ginjalmu, Jangan Banyak Konsumsi Protein!

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA - Jika kamu berpikir konsumsi protein dalam jumlah banyak setiap hari baik untuk tubuh, kamu jelas keliru. Malahan, kamu bakal terancam masalah kesehatan ginjal.

Ya, benar. Protein bermanfaat untuk mengembangkan otot, juga bisa untuk asupan diet. Tapi, ginjalmu akan sangat rentan mengalami masalah serius, disusul komplikasi yang tak terduga dan bikin nyesal.

Mengutip Medical Daily, orang-orang yang rentan mengalami masalah ginjal setelah mengkonsumsi protein berlebih adalah yang berada dalam kondisi gula darah tinggi, diabetes atau obesitas.

“Efek buruknya bisa meningkatkan penyakit ginjal de novo,” kata pimpinan European Renal Nutrition Working Group, Denis Fouque.

Menurutnya, makanan tinggi protein bisa menginduksi hiperfiltrasi glomerulus, yang memicu masalah penyakit kronis dan sering dialami oleh seseorang dengan diabetes.

Penting juga untuk mengelola jumlah protein yang dikonsumsi. Peneliti mengungkap bahwa tingginya asupan protein bisa mempercepat penurunan fungsi ginjal.

Pakar kesehatan juga mengingatkan agar pasien dalam tahap awal penyakit ginjal kronis untuk mengonsuksi protein dalam jumlah rendah agar kesehatan ginjal terjaga.

Berita Terbaru

Danrem 072/Pamungkas Hadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Pengamanan Mudik Idul Fitri 1445 H

Mata Indonesia, Magelang - Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Zainul Bahar, S.H., M.Si hadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam rangka Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1445 H bertempat di Semanggi Ballroom Hotel Artos, Jl. Mayjen Bambang Soegeng No.1, Kedungdowo, Mertoyudan, Magelang, Jawa tengah. Jumat, (29/3/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini