Satu Paru-parunya Rusak, Bopak Castello Pernah Berobat Non-Medis

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Jarang terlihat di layar kaca, Komedian Bopak Castello ternyata sedang fokus perawatan. Bopak kini menjalani kehidupannya dengan satu paru-paru saja lantaran sudah tak dapat berfungsi.

Bopak pun menjelaskan kondisinya. Ia menjelaskan bahwa paru-paru sebelah kirinya sudah tidak bisa disembuhkan lagi.

“Oh sudah enggak bisalah (sembuh). Karena itu (paru-paru) sudah enggak berfungsi lagi, kan sudah bocor. Paru-paru itu kayak serambi kan titik-titik, bocor satu dua, enggak bisa ditambel lagi jadi normal,” ujar Bopak di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Selasa 4 Februari 2020.

Untuk mengatasi itu, ia pernah mencoba berbagai cara pengobatan, dari medis hingga non-medis. Bahkan, ia percaya kepada pengobatan yang berbau ‘supranatural’.

“Kita (saya) minum-minum jamu aja itu enak. Sempat kita berobat secara gaib, non-medis, supranatural, ada efeknya, tapi intinya kan semua sugesti,” katanya.

Bopak mengatakan, tak ada obat khusus yang ia konsumsi secara rutin. Namun, Bopak mengaku telah mengonsumsi obat-obatan herbal. “Enggak ada (obat khusus), abis. Kemarin ada obatnya untuk membasmi agar tidak kena virus tuberculosis.”

“Obat alami kayak kita minum daun salam, sereh, itu ternyata bagus, sirsak, madu, itu. Kita lakoni semua. Makanya kita happy aja terus,” kata dia lagi.

Hidup dengan satu paru-paru, Bopak pun tak segan menyampaikan hikmah yang ia dapatkan. Salah satunya membuat Bopak lebih waspada tentang lingkungan, pola hidup, dan menjadi lebih bijak dalam memilih.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini