Sate Payau (Foto: www.pegipegi.com)

MINEWS, JAKARTA – Baru-baru ini, Presiden Joko Widodo telah secara resmi mengumumkan pemindahan ibukota Indonesia ke Kalimantan Timur. Tepatnya, ke Kabupaten Kutai Kertanegara dan Penajam Paser Utara.

Nah, bicara soal lokasi ibukota baru, alangkah menariknya kalau kita bahas soal kuliner khas di daerah tersebut. Seperti diketahui, Indonesia dari Sabang sampai Merauke kaya akan kuliner tradisional yang khas dan lezat.

Termasuk di Kalimantan Timur gaes. Wilayah yang bakal jadi ibukota baru Indonesia ini juga punya sederet kuliner khas yang enak-enak dan mesti dicoba. Penasaran apa saja? Ini dia nih ulasannya.

1. Sate Payau

Berbeda dari sate pada umumnya, Sate Payau dibuat dari daging rusa gaes. Sate khas Kalimantan Timur ini punya cita rasa yang lezat banget, ditambah kelembutan daging rusanya yang bakal bikin ketagihan.

(Foto: 7terbaik.com)

2. Nasi Bekepor

Nasi Bekepor salah satu kuliner yang penuh historis nih gaes. Makanan satu ini sudah ada sejak zaman Kerajaan Kutai Kertanegara. Konon, makanan ini zaman dulu hanya dihidangkan untuk keluarga kerajaan saja.

Nasi ini biasanya dimasak dengan kuali besar, ditambah minyak sayur dan rempah-rempah khas Kalimantan. Nasi Bekepor umumnya disajikan dengan daging masak bumi hangus, sayur asam kukar dan sambal raja.

(Foto: travelingyuk.com)

3. Sayur Asam Kutai

Gak kalah lezat dari sayur asam Sunda. Sayur Asam Kutai berbahan dasar utama kepala ikan gabus. Kepala ikan tersebut kemudian diolah dengan potongan talas, kangkung serta jantung pisang batu.

(Foto: sajiansedap.grid.id)

4. Gence Ruan

Berbahan dasar ikan gabus juga, makanan satu ini merupakan menu khas Kutai, Kalimantan Timur. Ikan gabus ditaburi garam dan kemudian dibakar menggunakan bara api. Ikan kemudian disajikan dengan tumisan bumbu bawang. Yummy!

(Foto: resepnusantara.id)

5. Bingka

Kalau yang satu ini, kue tradisional khas Kalimantan Timur nih gaes. Terbuat dari campuran kentang, telur, mentega, susu, santan dan gula. Kuenya manis dan lembut banget gaes. Dijamin bikin gak berhenti ngunyah!

(Foto: craftlog.com)

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here