Sarapan Roti atau Nasi, Mana yang Lebih Sehat?

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Roti dan nasi merupakan makanan favorit ketika sarapan. Namun, dari keduanya mana yang memang lebih menyehatkan bagi tubuh manusia. Sebenarnya hal itu tergantung pada nutrisi apa yang ingin Anda asup ke dalam tubuh di pagi hari.

Karena nasi dan roti sama-sama menyehatkan, namun kandungannya saja berbeda. Nasi sendiri mengandung vitamin dan mineral. Sedangkan roti rendah kalori dan karbohidrat. Berikut nutrisi dan vitamin yang ada dalam nasi putih, brown rice serta roti.

1. Nutrisi makro

Jika Anda sedang membatasi asupan kalori ataupun karbohidrat, roti jadi pilihan tepat dibanding nasi. Tentunya pilih roti yang terbuat dari tepung gandum utuh yang kaya serat. Untuk seporsi nasi putih dan sepotong roti tawar putih punya jumlah kalori, lemak, karbohidrat, dan protein yang sama.

2. Serat

Satu porsi nasi merah atau sekitar 1/2 cangkir beras merah mengandung 2 gram serat. Begitupun dengan sepotong roti gandum. Namun nasi putih justru mengandung serat lebih sedikit dibanding nasi merah dan gandum. Nasi putih hanya mengandung 0,3 gram serat. Sepotong roti tawar putih hanya mengandung serat sebesar 0,4 gram.

3. Vitamin

Sebenarnya baik roti ataupun nasi tidak mengandung vitamin yang tinggi. Dalam 1/2 cangkir beras putih mengandung sebesar 77 mikrogram folat atau sebesar 19 persen dari total asupan folat harian.

Sedangkan sepotong roti tawar putih mengandung sebesar 43 mikrogram folat atau 11 persen dari total harian. Berbeda dengan kedua bahan tadi, beras merah dan roti gandum justru tidak memberikan nutrisi dalam jumlah yang signifikan.

 4. Mineral

Dari keempat jenis sumber karbohidrat populer tersebut, beras cokelat punya kandungan mineral terbanyak. Beras cokelat mengandung sebanyak 42 miligram magnesium atau sekitar 11 persen dari nilai harian serta beberapa mineral esensial lainnya. Magnesium sendiri berguna untuk memperkuat tulang, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan menjaga jantung agar berdetak secara teratur

Berita Terbaru

Pilkada Kota Jogja Mulai Disorot, Heroe Poerwadi Akhirnya Diusung PAN, Budi Waljiman Dikawal Gerindra

Mata Indonesia, Yogyakarta - Persiapan untuk Pilkada pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja mulai memanas. Beberapa figur telah muncul sebagai calon potensial dari berbagai partai politik, di antaranya adalah Heroe Poerwadi dan Budi Waljiman.
- Advertisement -

Baca berita yang ini