soto khas indonesia
soto khas indonesia

MINEWS, JAKARTA-Pulau jawa memang memiliki berbagai kuliner enak dan khas, Salah satunya soto yang sudah menjadi kudapan wajib saat sarapan pagi. Walaupun namanya sama, tapi setiap kota di jawa memiliki racikan bumbu dan isian soto berbeda.

Berikut soto yang bisa disantap saat sarapan pagi, yang terenak di Pulau Jawa, di antaranya:

  1. Soto Pacitan

Di Jawa Timur selain ada soto Lamongan, juga ada soto khas dari Pacitan. Sajian soto Pacitan terbilang unik lantaran isiannya selain terdapat ayam suwir dan tauge, juga terdapat kacang tanah goreng.

Isian tersebut kemudian diguyur dengan kuah kaldu bening. Soto Pacitan selalu konsisten dengan penggunaan ayam jenis ayam kampung yang dinilai lebih enak rasanya. Selain itu ayam kampung membuat rasa kaldunya lebih gurih.

Orang Pacitan sering menikmati ini dengan mencampur nasi putih langsung ke dalam mangkuk berisi soto tersebut.

  1. Soto Kudus

Di Kudus, Jawa Tengah ada soto yang gurih yang sudah populer sebagai ikon kuliner kota kretek ini. Banyak yang mengatakan bahwa soto Kudus hampir mirip dengan sajian soto Lamongan karena sama-sama menggunakan suwiran ayam.

Selain ayam suwir, soto Kudus dahulu juga menggunakan daging kerbau bukan daging sapi. Tidak dipilihnya sapi lantaran masyarakat Kudus ingin menghormati umat Hindu yang menganggap sapi sebagai hewan suci. Tetapi kini banyak soto Kudus memakai daging ayam karena kerbau sulit didapat dan mahal.

  1. Soto Lamongan

Berasal dari Lamongan, Jawa Timur, Soto Lamongan ini tidak hanya populer di daerahnya saja. Soto Lamongan juga populer di berbagai kota, salah satunya di Jakarta. Bahkan di Jakarta sendiri banyak terdapat warung kaki lima yang berjejer menyajikan soto ini.

Soto Lamongan memliki kuah berwarna kuning yang terbuat dari campuran bumbu seperti jahe, kunyit, lengkuas, sereh, dan lainnya. Isiannya terdapat ayam suwir, tauge, kol dan suun. Yang membedakan dengan soto lain, soto ini memakai taburan koya, kerupuk udang dan bawang yang digerus halus.

  1. Soto Semarang

Lebih sering dikenal dengan sebutan Soto Semarang yang kuah kaldunya bening dengan aroma bawang putih yang khas. Umumnya soto Semarang memiliki ragam isian mulai dari suun, tauge dan suwiran daging ayam. ditaburi bawang putih dan kucai yang royal.

Disajikan dalam mangkuk porselin China yang mungil dan sendok bebek. Biasanya orang Semarang selalu menyantap soto ini dengan tambahan lainnya seperti aneka sate-satean. Seperti sate ayam, sate telur puyuh, sate kerang.