Sarapan Nasi Goreng Ternyata Lebih Menyehatkan, Ini Kata Ahli

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Sarapan pagi memang sudah menjadi kebiasaan  wajib bagi seseorang sebelum dirinya melakukan aktivitasnya sehari-hari. Banyak sekali bahan makanan yang bisa dijadikan seseorang untuk sarapan, mulai dari nasi, oatmeal, buah dan lain sebagainya.

Nah, ada satu menu sarapan yang menjadi dan biasa dimakan oleh masyarakat Indonesia yakni nasi goreng. Spesialis konsultan gizi Fiastuti Witjaksono mengatakan, nasi goreng bisa jadi menu sarapan sehat selama memenuhi persyaratan. “Sarapan sehat harus mengandung nutrisi lengkap,” katanya mengutip dari Antara.

Ada karbohidrat sebagai sumber tenaga, protein, vitamin, mineral dan serat agar tubuh bisa beraktivitas dan tetap bugar sehingga tidak terkena penyakit. Nasi goreng tanpa tambahan apapun berarti hanya berisi karbohidrat dan protein, tentunya tidak cukup untuk kebutuhan tubuh.

Agar jadi menu sarapan ideal, tambahkanlah sumber nutrisi lain seperti sayuran, lalu jangan lupa menyantap buah untuk mendapatkan vitamin.

Fiastuti mengemukakan, syarat-syarat sarapan sehat, di antaranya adalah kaya serat dan protein. Serat berfungsi sebagai pengontrol gula darah agar tetap stabil dan membantu tubuh merasa kenyang lebih lama sehingga meningkatkan kesehatan pencernaan.

Protein berperan sebagai sumber energi dan membangun serta memperbaiki jaringan tubuh. Serat dan protein dibutuhkan oleh otak sebagai sumber glukosa untuk energi saat pagi. Tanpa sarapan, otak bisa kesulitan bekerja sehingga aktivitas pun terhambat. Mereka yang tidak sarapan juga akan mengalami sakit kepala akibat gula darah rendah.

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini