MATA INDONESIA, JAKARTA – Bagi warga Jakarta, Bekasi, Tangerang, Depok dan, jika akan bepergian keluar sebaiknya menggunakan kacamata hitam. Hal ini dikarenakan dampak radiasi sinar ultraviolet yang cukup terik dipancarkan Matahari hari ini.

Indeks radiasi sinar ultraviolet (UV) menurut Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pada Kamis 2 Juli 2020 ini akan lumayan terik karena cuaca yang cukup cerah. Informasi dari akun Instagram BMKG menyebutkan, wilayah Jabodetabek pada Kamis ini pukul 08.00-09.00 WIB memiliki indeks UV 0-2 dengan tingkat risiko bahaya rendah hingga sedang.
Pada pukul 10.00-11.00 WIB dan 12.00-13.00 WIB, indeks UV berisiko bahaya sedang hingga sangat tinggi.

Sementara, pukul 14.00-15.00 WIB, indeks UV berisiko bahaya rendah hingga sedang. Berdasarkan Global Solar UV Index – World Health Organization 2002, indeks UV 0-2 memiliki skala warna hijau dan berisiko rendah. Untuk risiko bahaya sedang diwakili warna kuning dan berindeks 3-5. Untuk risiko sangat tinggi diwakili warna merah dan berindeks 8-10.

Permukaan yang cerah seperti pasir dan salju akan meningkatkan paparan sinar UV. Level radiasi UV sedang disarankan untuk tetap berada di tempat teduh pada siang hari yang terik.

Radiasi sinar UV dengan risiko tinggi berpotensi merusak kulit dan mata dengan cepat jika tak memiliki perlindungan.

Warga diminta untuk meminimalkan aktivitas di luar ruangan pada jam 10.00 hingga pukul 16.00 WIB. Pastikan tetap berada di tempat teduh saat cuaca sedang terik.

Baik di risiko sedang maupun tinggi, orang disarankan untuk mengenakan pakaian pelindung matahari, topi lebar, dan kaca mata hitam saat berada di luar ruangan.

Disarankan juga untuk mengoleskan cairan pelembab tabir surya SPF 30+ setiap dua jam bahkan pada cuaca berawan, setelah berenang maupun berkeringat.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here