Sambut Idul Adha Dengan 5 Film Bertema Haji

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Ibadah haji merupakan impian yang besar bagi seluruh umat Muslim di dunia. Bagaimana tidak, dengan menjalankan ibadah ini tentunya akan melengkapi rukun Islam kita sebagai hamba Allah.

Meski begitu, tak perlu berkecil hati jika kamu belum bisa pergi ke tanah suci. Tak ada salahnya jika kamu menyaksikan 5 film bertema ibadah haji terlebih dahulu sambil menyambut hari raya Idul Adha, Jumat 31 Juli 2020.

  1. Dibawah Lindungan Ka’bah
Di Bawah Lindungan Ka’bah (blogspot.com)

Diangkat dari novel karya Buya Hamka dengan judul serupa, film ini bisa menjadi rekomendasi pertama untuk kamu nikmati di lebaran haji nanti. Berkisah tentang seorang pemuda yang diusir dari kampungnya hingga ia berkelana sampai ke Mekkah. Meski kental akan sisi religius, film ini juga mengandung unsur drama romantis dengan akhir cerita yang dijamin mengiris hati.

2. Haji Backpacker

Haji Backpacker (blogspot.com)

Diperankan oleh Abimana Aryasatya, film ini berkisah seorang pemuda bernama Mada yang meninggalkan agama Islam karena rasa marahnya kepada Allah, lantaran batalnya pernikahannya dengan sang kekasih. Namun, sembari ia berpetualang dengan membawa kemarahannya, ia justru dituntun hingga sampai ke tanah suci.

3. A Sinner In Mecca

A Sinner In Mecca (benbellabooks)

Mungkin film satu ini cukup berbeda dengan kedua film sebelumnya. A Sinner In Mecca merupakan film dokumenter yang menceritakan perjalanan haji sang sutradara, Pervez Sharma dari India. Meski hanya film dokumenter yang hanya mengabadikan momen sang sutradara saat melaksanakan ibadah haji, film ini juga mengandung kritikan tentang kota Mekkah yang kini dipenuhi hotel, mal dan restoran.

4. Journey To Mecca

Journey To Mecca (wikipedia)

Masih dengan film dokumenter, Journey To Mecca juga wajib jadi list tontonan kamu selama Idul Adha. Selain menjadi film dokumenter yang berhasil meraih penghargaan ‘Most Populer Film’ di La Geode Film Festival Prancis, film ini juga memiliki kisah yang menarik dan menyentuh hati. Menceritakan perjalanan haji seorang petualang Muslim terkenal, Ibn Battuda pada 1325-1326 M.

5. Le Grand Voyage

Le Grand Voyage (wordpress.com)

Film satu ini dijamin bikin banjir air mata. Film berbahasa Prancis ini mengisahkan tentang bagaimana perjalanan ayah dan anak menuju Mekkah untuk beribadah haji. Ceritanya memang sangat menyentuh, karena juga menggambarkan bagaimana komunikasi sang ayah dan anak serta usaha mereka untuk saling memahami menjalankan ibadah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini