Sakit Tenggorokan dan Panas-Dingin Bisa Jadi Gejala Covid19

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Merasakan sakit seperti radang tenggorokan ditambah badan terasa panas-dingin? Mungkinkah itu pertanda Kamu terinfeksi Covid19?

Seorang dokter dari Mercy Hospital di Baltimore, Kathryn Boling menyatakan bisa saja itu merupakan gejala Covid19.

Seperti dilansir Medical Daily, dokter Boling ternyata pernah memiliki pasien yang mengira sedang mengalami alergi, flu biasa atau radang tenggorokan ternyata setelah di tes mereka positif Covid19.

Jadi sekarang dokter keluarga itu selalu berpesan kepada para pasiennya yang merasakan alergi atau sakit tenggorokan harus beranggapan terinfeksi Covid19 sampai tes membuktikan sebaliknya.

Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO memang memiliki daftar gejala Covid19 yang umum dan tidak terlalu umum yaitu menggigil, pusing, hidung tersumbat, diare, di antara sejumlah gejala lainnya, semuanya merupakan indikator bahwa virus mungkin ada.

Untuk memastikan Kamu benar-benar terinfeksi Covid19, Boling menganjurkan untuk menghitung mundur sekitar lima hari dan memikirkan kemungkinan Kamu terpapar apa saja.

Bagi orang-orang yang khawatir merasakan gejala Covid19, setidaknya bisa menjawab dua pertanyaan berikut;

Apa yang selama ini kau lakukan? Apakah Kamu pernah keluar rumah, berada di sekitar orang lain? Apakah ada orang di rumah Kamu Anda yang pernah keluar rumah dan berkumpul dengan orang lain? Jika jawabannya ya, pertimbangkan Covid19 sebagai kemungkinan.

Apakah gejala ini tampak seperti penyakit yang Kamu dapatkan dari orang lain? Covid19 adalah virus yang menyebar melalui tetesan pernapasan, begitu pula flu biasa dan terutama flu yang ditularkan.

Jika gejala Kamu tidak memerlukan penularan dari orang lain, misalnya migrain atau infeksi bakteri, kemungkinan Covid19 lebih kecil.

Mereka yang khawatir harus menghubungi penyedia layanan kesehatan mereka dan melakukan semua tindakan pencegahan. Lebih aman lebih baik daripada menyesal.

Roulette Rusia
Boling mengungkapkan bahwa terinfeksi Covid19 seperti kita bermain roulette Rusia. Sebab, dia memiliki pasien berusia 90 -an yang terinfeksi tetapi bisa sehat-sehat saja, tetapi pasien yang berusia 30 -an kondisi kesehatannya justru memburuk sehingga harus dirawat di rumah sakit.

Orang yang tinggal bersama orang lain dan khawatir mereka mungkin tertular Covid-19 harus memperingatkan orang yang tinggal bersama mereka dan mengambil semua tindakan pencegahan yang sesuai.

Tes
Namun, mengalami gejala bukan berarti seseorang terjangkit Covid19. Hanya ada dua cara untuk memastikannya mengidap Covid19 atau tidak yaitu tes saat mereka sakit atau antibodi setelah membaik. Jangan lupa mereka harus selalu memakai masker.

Intinya
Dr. Boling telah melihat gejala yang beragam seperti sakit gusi dan kulit, jadi segala sesuatu mungkin terjadi jika berhubungan dengan gejala Covid19 yang aneh. Intinya, terutama jika Kamu mungkin terpapar, segera ke dokter dan dapatkan tes, atau karantina selama 10 hari, dan, jika Kamu belum melakukannya, dapatkan vaksinasi flu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini