Sail Nias 2019, Upaya Indonesia Wujudkan Poros Maritim Dunia

Baca Juga

MINEWS.ID, JAKARTA – Untuk mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dan sejumlah kementerian menggelar Sail Nias 2019.

“Bertujuan mendukung program pemerintah yang ingin menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia,” ujar Direktur Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Ditjen PPMD) Kemendesa Taufik Madjid di Jakarta, Kamis 29 Agustus 2019.

Acara itu sudah dimulai Juli lalu dan akan berakhir September ini. Selain menjadi poros maritim dunia, Sail Nias juga mengharapkan pulau di barat Sumatera tersebut menjadi destinasi wisata dunia.

Puncak acara akan digelar pada tanggal 14 September 2019 di Teluk Dalam Nias Selatan, Sumatera Utara yang akan dihadiri Presiden Jokowi.

Acara tersebut juga akan diramaikan dengan beberapa kegiatan seperti Wonderful Nias Expo 2019, kejuaraan surfing international, pagelaran budaya dan kesenian kolosal serta Bakti Sosial Surya Baskara Jaya TNI AL.

Sebelumnya, menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan Nias layak dikembangkan sebagai destinasi wisata karena memiliki lokasi surfing terbaik di dunia seperti pantai Sorake dan Pantai Lagundri.

Tak hanya itu, Nias juga memiliki daya darik wisata sejarah megalitikum yang kini masih terawat dengan baik. Daerah itu juga memiliki ikon wisata budaya yaitu desa Bawomataluo yang terkenal dengan tari fataele dan hombo batu.

Pengembangan Nias, kata Arief, telah didukung dengan unsur 3A yaitu atraksi, amenitas dan aksesibilitas. Hal itu mempermudah wisatawan berkunjung ke sana.

Dalam empat tahun terakhir jumlah kunjungan wisatawan mancanegara rata-rata mencapai 240 ribu oran per tahun. Bahkan untuk 2024 diproyeksikan mencapai 1 juta wisatawan.

Untuk itu, Arief mengharapkan Bandara Binaka Nias segera ditingkatkan menjadi bandara internasional.

Secara terpisah, Asdep Seni Budaya dan Olahraga Bahari Kemenko Maritim Kosmas Harefa mengatakan event tersebut adalah yang ke-11 kali.

Nias juga menjadi pilihan karena lolos seleksi setelah dipertimbangkan dari berbagai aspek, selain itu daerah tersebut memiliki potensi besar di bidang perikanan, kelautan dan pariwisata.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini