Saat Puasa Suka Tidur Siang, Ternyata Ini Manfaatnya

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Slogan tidur merupakan ibadah memang menjadi alasan utama seseorang bisa tidur panjang ketika di bulan puasa. Hal itu dilakukan dari pada batal melakukan sesuatu hal, lebih baik beristirahat dengan tidur.

Namun, tahukah anda, tidur siang singkat ternyata memiliki manfaat. Mengutip dari Times, survei eksperimen yang dilakukan psikolog dari University of Hertfordshire, Prof Richard Wiseman mengaitkan antara kebiasaan tidur siang dengan tingkat kebahagiaan seseorang.

Dari survei tersebut ditemukan 66 persen dari 1.000 orang responden yang tidur siang tak lebih dari setengah jam merasa bahagia. Selain itu, Prof Richard mengatakan, studi sebelumnya menemukan bahwa tidur siang bisa membuat seseorang lebih fokus, produktif, dan kreatif. Tapi manfaat tersebut diperoleh bila tidur siang tidak dilakukan lebih dari setengah jam.

Sementara itu, tidur siang juga memiliki manfaat untuk konsentrasi otak dan memulihkan energi. Studi sebelumnya yang membandingkan antara manfaat tidur siang dan kopi menemukan bahwa orang-orang yang tidur siang selama 15-20 menit rata-rata memiliki kewaspadaan yang lebih baik.

Menurut pakar kesehatan Brad Stulberg dan Steve Magness, tidur siang membuat bagian otak yang selalu aktif diberikan kesempatan untuk beristirahat.

“Bahkan jika Anda tidak benar-benar mengalami tidur siang yang nyenyak, istirahat dan menutup mata juga sudah dapat membantu memulihkan otak,” kata Stulberg dikutip dari Men’s Health.

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini