Rita Sugiarto, Diva Dangdut Indonesia yang Tak Lekang oleh Zaman

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Liriknya yang mudah diingat, iramanya yang khas, dan membuat badan bergoyang, membuat musik dangdut kian memiliki banyak penggemar. Berbagai kegiatan mulai dari skala besar seperti kampanye dan skala kecil seperti hajatan pernikahan ikut serta dalam menggelar pertunjukkan musik rakyat ini.

Salah satu maestro dangdut Indonesia yang masih eksis hingga kini adalah Rita Sugiarto. Setelah memutuskan keluar dari Soneta Band, Rita menulis sendiri lagu yang ia beri judul “Jacky”. Lagu yang terinspirasi dari suaminya ini, sukses di pasaran dan laku hingga mencapai angka 2 juta keeping. Angka ini menjadi rekor penjualan terlaris sepanjang masa.

Bukan hanya itu, album ini juga beredar di Jepang. Bahkan video klipnya kerap muncul di televisi Tokyo. Mantan rekan duet Rita, Rhoma Irama mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa Rita merupakan sosok langka.

“Rita itu langka, karena selain memliki suara yang prima, Rita juga mampu menciptakan lagu-lagu untuk dinyanyikan sendiri dan sebagian besar menjadi hits,” kata Rhoma Irama.

Lagu- lagu yang dinyanyikan oleh Rita Sugiharto seperti “Pacar dunia akhirat”, “Dua Kursi”, “Oleh-Oleh”, serta “Tersisih”, menjadi lagu yang sering dinyanyikan oleh pedangdut lain di berbagi kesempatan, seperti di acara pencarian bakat dangdut, Dangdut Akademi Indosiar maupun Kontes Dangdut Indonesia MNC TV.

Mantan bos dari komedian dan presenter, Alm. Olga Syahputra ini juga dikenal sebagai penyanyi dangdut senior yang low profile dan mau berbagi ilmu kepada juniornya. Rita Sugiarto dipercaya menjadi juri dari berbagai acara kontes dangdut seperti  D’Academy  2014 – 2016, Dangdut Akademi 2017, Kontes Dangdut Indonesia 2018-2019, Liga Dangdut Indonesia 2019.

Penyanyi yang dikenal dengan jargon “Sukses ya shay” ini diketahui telah meluncurkan lagu terbarunya pada Januari tahun lalu dengan judul “Tulang Rusuk” yang diunggah oleh SMD Records dan mendapat lebih dari 16 juta penonton.

Pada Juni 2020, Rita Sugiarto dengan Raja dangdut Indonesia, Rhoma Irama berkolaborasi kembali setelah 39 tahun lamanya dalam judul lagu “Tulus Hati Luhur Budi” yang sudah ditonton lebih dari satu juta kali.

Rita Sugiarto dalam 5 tahun terakhir mendapatkan beberapa penghargaan seperti, Penyanyi Dangdut Wanita Terbaik Anugrah Dangdut Indonesia 2016 dan bersaing dengan pedangdut muda dalam Indonesia Dangdut Award seperti Ayu Ting Ting, Dewi Perssik, Erie Suzan, Inul Daratista, Lesty DA – Nella Kharisma, Siti Badriah, Via Vallen, dan Zaskia Gotik.

 

Reporter: Fifi Zuniarti

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Program AMANAH Kembangkan SDM Muda Kelola Potensi Kekayaan Aceh

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda di Tanah Rencong...
- Advertisement -

Baca berita yang ini