MATA INDONESIA, JAKARTA – Siapa yang tak kenal dengan rendang, makanan yang menduduki peringkat pertama sebagai makanan Indonesia terenak di dunia?

Masakan khas yang berasal dari Minangkabau, Sumatra Barat ini berhasil menduduki peringkat pertama dunia dengan cara pemungutan suara melalui Facebook dengan melibatkan 35 ribu orang secara serentak. Selain itu, rendang juga pernah terpilih sebagai makanan terenak di dunia versi CNN.

“Rendang is the best,” tulis seorang voter, Kamal F Chaniago. Voter lainnya, Isabela Desita menuliskan, “Rendang should be the first! It’s really nice, you should try!”.

Masyarakat Minangkabau menjadikan rendang biasanya hanya sebagai makanan perayaan adat. Seiring berjalannya waktu, rendang juga menjadi pilihan menu saat mengolah daging kurban yang melimpah saat hari raya Idul Adha. Rendang juga menjadi makanan yang disajikan khusus untuk hari raya Idul Fitri.

Sejarawan Universitas Andalas, Prof. Dr. Gusti Asnan menduga, rendang menjadi masakan yang tersebar luas sejak orang Minang mulai merantau dan berlayar ke Malaka untuk berdagang pada awal abad ke-16. Hal ini karena rendang kering sangat awet, tahan disimpan hingga berbulan lamanya, sehingga tepat dijadikan bekal kala merantau atau dalam perjalanan niaga.

Di Indonesia jenis rendang sangatlah bervariatif dan cara mengolahnya pun berbeda-beda. Tetapi yang harus diketahui ialah, memasak rendang membutuhkan waktu yang cukup lama hingga memakan waktu berjam-jam.

Proses yang memakan waktu lama itu dikarenakan memasak rendang harus menggunakan suhu rendah agar rempah dan santan yang digunakan dapat meresap ke dalam daging hingga potongan daging berwarna hitam pekat dan terlihat seperti hancur. Dengan demikian, akan dihasilkan rendang yang benar-benar bercitarasa maksimal.

Reporter: Haerunisa

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here