Rendam Kaki di Air Dingin Bisa Usir Masuk Angin? Ini Faktanya

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Masuk angin memang bisa menyerang siapapun dan kapanpun, hal itu terjadi ketika kondisi imun tubuh kita menurun. Namun, seorang dokter asal Rusia Sergei Bubnovskiy mengklaim telah menemukan cara baru untuk mengatasi masuk angin.

Mengutip situs World Around Us (WAU), metode baru ini diterapkan dengan merendam kaki di dalam air dingin selama 10-15 detik sebelum tidur. Sayangnya Bubnovskiy tidak menyebut suhu air yang tepat untuk merendam air. Dia juga tak menyebut bagian kaki yang sebaiknya terendam dalam air.

Bubnovskiy menyarankan perendaman berulang bagi yang memiliki daya tahan tubuh lemah. Durasi perendaman bisa empat jam sekali atau sesuai kebutuhan dan kondisi yang hendak mencoba metode perendaman kaki dalam air dingin.

Hingga saat ini belum ada riset yang membuktikan efektivitas metode perendaman kaki untuk mengatasi flu dan masuk angin.

Namun sejumlah studi memang menegaskan air dingin mampu memicu kerja hormon norepinephrine yang mirip adrenalin.

Norepinephrine merangsang pelepasan glukosa dari cadangan energi dalam tubuh, meningkatkan aliran darah ke otot rangka dan mengurangi aliran daran ke dalam sistem pencernaan (gastrointestinal). Hormon ini juga mampu meningkatkan detak jantung dan tekanan darah dalam tubuh.

Berita Terbaru

Harga Daging Sapi di Bantul mulai Turun, Ini yang jadi Penyebabnya

Mata Indonesia, Bantul - Setelah Lebaran, harga daging sapi di Bantul mulai mengalami penurunan secara perlahan. Nur Wijaya, Lurah Pasar Niten, membenarkan hal tersebut dengan mengatakan bahwa pada 15-16 April 2024, harga daging sapi sudah stabil.
- Advertisement -

Baca berita yang ini