TWICE

MATA INDONESIA, JAKARTA – Tepat tanggal 20 Oktober 2020 ini, girl group TWICE merayakan debut mereka yang ke-5 tahun. Tidak diragukan lagi bahwa kini TWICE adalah salah satu grup K-Pop terbesar.

TWICE benar-benar mendapat cinta dari penggemar di seluruh dunia karena musiknya yang menyenangkan dan segar. Jadi, gak heran kalau mereka telah merintis berbagai pencapaian selama bertahun-tahun.

Berkarir sejak 2015, berikut adalah 10 dari banyak pencapaian yang mereka capai sebagai girl grup K-Pop pertama dalam sejarah:

1. Grup wanita K-Pop pertama yang menjual 100.000 tiket konser online.

Setelah tanggal konser “TWICELIGHTS” yang tersisa dari TWICE dibatalkan karena pandemi COVID-19, grup tersebut memutuskan untuk mengadakan konser online untuk para penggemar. Konser Beyond LIVE, TWICE: World in a Day, menjual 100 ribu tiket yang mengejutkan.

Ini menjadikan TWICE sebagai grup wanita K-Pop pertama dalam sejarah yang melampaui jumlah penonton konser online 100.000. TWICE: World in a Day, yang meraup lebih dari ₩ 3,30 miliar KRW ($ 2,83 juta USD), juga menjadi konser online ketiga yang paling banyak dilihat secara keseluruhan tahun ini.

2. Grup wanita K-Pop pertama yang melampaui 200.000 penjualan dalam satu hari.

Mini album terbaru TWICE, MORE & MORE, mencetak rekor sejak dirilis. Dalam waktu 24 jam, album itu terjual sekitar 270 ribu eksemplar.

Ini menjadikan TWICE sebagai girl grup K-Pop pertama dalam sejarah yang melampaui 200 ribu penjualan dalam satu hari. Sampai saat penulisan, MORE & MORE masih memegang rekor penjualan girl group hari pertama tertinggi.

3. Girl group K-Pop pertama yang melampaui 5 juta penjualan.

Yang tadi itu bukan satu-satunya penghargaan “MORE & MORE” yang didapatkan mereka. Seminggu setelah album dirilis, angka Gaon mengkonfirmasi bahwa grup tersebut telah menjual total 5.193.477 album di Korea.

Ini menjadikan TWICE sebagai girl grup K-Pop pertama dalam sejarah yang melampaui 5 juta penjualan di negara ini. Mereka juga menjadi grup wanita K-Pop pertama yang mencapai total penjualan 8 juta di Korea (Gaon) dan Jepang (Oricon).

4. Grup wanita K-Pop pertama yang mencapai 100 “Perfect All-Kills”.

Setelah mencapai Perfect All-Kills selama 21 jam (juga dikenal sebagai PAK) di tangga lagu Korea dengan “Cheer Up” pada tahun 2016, TWICE mencetak 91 jam Perfect-All Kills dengan “TT” di akhir tahun itu.

Ini menjadikan mereka grup wanita K-Pop pertama dalam sejarah yang mencapai total 100 PAK. Mereka saat ini memegang gelar untuk jumlah Perfect All-Kills tertinggi kedua di antara grup pria dan wanita, hanya 3 PAK sedikit dari mencapai 200.

5. Girl group K-Pop pertama yang mengadakan tur dome Jepang.

Tur Jepang umumnya terbagi dalam tiga kategori, tur aula (tempat terkecil), tur arena, dan tur dome (tempat terbesar). Pada 2019, TWICE mengadakan tur dome lima kali di Osaka, Tokyo, dan Nagoya.

Hal ini menjadikan mereka girl grup K-Pop pertama dalam sejarah yang mengadakan tur dome Jepang. Selain itu, tur ini menjual semua tiketnya.

6. Girl grup K-Pop pertama yang melampaui 1 miliar streaming.

Di tahun 2019 lalu, “Feel Special” menghebohkan Korea Selatan, mengumpulkan ratusan juta streaming hingga saat ini. Beberapa minggu setelah dirilis, lagu tersebut mendorong TWICE mencapai 1 miliar streaming di Gaon.

7. Girl grup K-Pop pertama yang debut di #1 di kedua tangga lagu Billboard World.

Saat “Likey” dirilis pada tahun 2018, lagu ini tidak hanya populer di Korea Selayan, tetapi seluruh dunia ikut mendengarkan. Tak lama setelah dirilis, lagu tersebut memulai debutnya di peringkat pertama #1 di tangga lagu Digital Dunia Billboard.

Selain itu, album Twicetagram debut di #1 di chart Album Dunia Billboard. Ini menjadikan TWICE sebagai girl grup K-Pop pertama dalam sejarah yang debut di # 1 di kedua tangga lagu.

8. Girl group K-Pop pertama yang menerima sertifikasi Gaon platinum.

Untuk menerima sertifikasi platinum dari Gaon, grup harus menjual 250.000 kopi album. Pada Juni 2018, “What is Love?” bersertifikat platinum.

Hal ini menjadikan TWICE sebagai girl grup K-Pop pertama dalam sejarah yang meraih sertifikasi album platinum dari Gaon. Dengan lima album platinum dan satu album platinum ganda, mereka saat ini memiliki sertifikasi terbanyak dari grup idola mana pun di negara ini.

9. Girl grup K-Pop pertama yang mencapai 5 juta pengikut di Twitter.

Dalam hal Twitter, TWICE adalah monster media sosial. Kembali pada bulan Maret tahun ini, grup tersebut mencapai total 5 juta pengikut. Ini menjadikan mereka grup wanita K-Pop pertama dalam sejarah yang mencapai angka 5 juta.

Mereka kemudian menjadi yang pertama mencapai 6 juta pengikut dan masih memegang rekor sebagai girl grup yang paling banyak diikuti. Wow! Yang belum, buruan follow akun @JYPETWICE sekarang!

10. Girl grup K-Pop pertama yang memenangkan SOTY tiga tahun berturut-turut.

Song of the Year (SOTY) adalah penghargaan yang sangat didambakan yang hanya dapat diraih oleh beberapa grup. TWICE, bagaimanapun, memiliki beberapa piala SOTY. Pada 2016, mereka memenangkan MAMA Song of the Year dengan “Cheer Up”. Mereka kemudian memenangkan penghargaan yang sama di tahun 2017 untuk “Signal”, dan lagi di tahun 2018 dengan “What is Love?”.

Ini menjadikan TWICE sebagai girl grup K-Pop pertama (dan grup idola secara keseluruhan) dalam sejarah yang memenangkan Song of the Year tiga tahun berturut-turut.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here