Rasakan Manfaatnya Minum Air Putih Hangat di Pagi Hari

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Apa yang biasa kamu cari saat pagi hari? Kopi, susu atau teh? Tahukah kamu kalau di pagi hari ada baiknya kamu mencari air putih hangat?

Air putih memang minuman yang baik untuk kesehatan tubuh. Terlebih jika dikonsumsi hangat dan di pagi hari. Sejumlah ahli kesehatan pun menyarankannya.

Dikutip dari Alodokter, air merupakan zat penting yang menyusun 50-60 persen komposisi tubuh kamu. Di dalam tubuh, air memiliki beragam fungsi, mulai dari melancarkan pencernaan, menjaga keseimbangan suhu tubuh, hingga membersihkan ginjal.

Dengan membiasakan mengkonsumsi air putih hangat di pagi hari, maka metabolisme dan sistem kekebalan tubuh bisa terjaga dengan maksmial.

Dilansir dari berbagai sumber, begini manfaat yang bisa kamu dspat dengan membiasakan minum air putih hangat di pagi hari.

1. Mengeluarkan Racun dalam Tubuh

Meminum air putih hangat di pagi hari bisa membantu mengeluarkan racun sisa metabolisme di malam hari dari dalam tubuh. Pada dasarnya, minum air putih hangat bisa meningkatkan suhu tubuh jadi lebih hangat.

Hal tersebut bisa membuat tubuhmu berkeringat dan racun dalam tubuh ikut keluar. Plus, dengan mengkonsumsi air putih di pagi hari, bisa meningkatkan frekuensi buang air kecil, sehingga racun tersebut nantinya akan dikeluarkan lewat urin.

2. Mengurangi Stres

Saat bangun tidur, tubuh biasanya akan lebih segar dan pikiran pun bisa lebih jernih. Namun, ada juga sebagaian orang yang dilanda stres meski saat oagi hari.

Dengan minum air hangat ketika bangun tidur, sistem saraf pusat akan lebih tenang. Selain itu, otak bisa lebih rileks dan dapat mengontrol pikiran lebih positif.

3. Terhindari dari Sembelit

Ganggunh pencernaan seperti sembelit biasa terjadi karena minimnya pergerakan di usus.

Dengan meminum air putih hangat saat pagi hari, terutama saat perut masih kosong bisa merangsang kinerja usus, sehingga pergerakannya yang lambat bisa lebih cepat.

Minuman hangat memiliki efek vasodilator. Efek ini bisa melebarkan pembulu darah dan merangsang aliran darah ke usus. Dengan begitu, ususmu bisa terhindari dari masalah sembelit.

4. Mengurangi Asupan Kalori

Dilansir dari Healthline, mengkonsumsi air putih di pagi hari bisa mengurangi asupan kalori kamu karena timbulny rasa kenyang.

Sebuah studi menemukan bahwa minum air sebelum sarapan bisa mengurangi asupan kalori sebanyak 13 persen saat waktu makan berikutnya.

Meskipun mengkonsumsi air putih di pagi hari tidak secara signifikan mengurangi asupan kalori, namun kegiatan tersebut tetap bisa membuatmu terhidrasi dengan baik.

5. Menurunkan Berat Badan

Selain dari manfaat di atas, minum air putih hangat di pagi hari bisa menurunkan berat badanmu loh. Satu studi menyatakan bahwa meningkatkan asupan air harian sedikitnya 1,5 liter per hari, bisa membakar 48 kalori ekstra.

Dengan mengkonsumsi air putih saat bangun tidur, maka akan memperbanyak asupan air dalam tubuhmu, ketimbang kamu hanya minum air putih saat siang atau sore hari saja.

Nah, dengan begitu jangan lupa untuk selalu bangun lebih awal dan carilah air putih hangat sebelum kamu beraktivitas.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini