Rahasia Manfaat Menguap untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Mungkin kebanyakan orang menilai aktivitas menguap adalah hal biasa yang muncul, ketika kantuk datang menyerang. Atau pun ketika seseorang mulai bosan dan lesu.

Tapi yang mungkin banyak orang belum tau, ternyata menguap juga bisa menular lho. Ketika kamu menguap, maka orang di sekitarmu yang melihatnya juga bisa ikut menguap.

Selain itu, menguap juga ternyata memiliki sejumlah kesehatan bagi tubuh manusia. Melansir The Health Site, berikut sejumlah manfaat kesehatan yang tanpa kamu sadari bisa diperoleh dari menguap.

Meningkatkan Sirkulasi Oksigen dalam Otak

Ketika kamu menguap, ada lebih banyak oksigen yang tersedot ke dalam tubuh. Setiap kali kamu menguap, oksigen akan lebih banyak masuk ke dalam paru-paru sekaligus membantu menyingkirkan karbondioksida. Banyaknya oksigen dalam tubuh tentu saja berkontribusi pada baiknya sirkulasi oksigen dalam otak.

Meningkatkan Aliran Darah ke Otak

Penelitian juga mengungkap bahwa menguap dapat mendinginkan otak sehingga meningkatkan gairah serta efisiensi mental. Tak hanya itu, menguap juga bertindak sebagai stimulan sistem saraf. Hal ini menyebabkan menguap memiliki efek serupa kafein dalam meningkatkan aliran darah ke otak.

Menghilangkan Rasa Tak Nyaman di Telinga

Menguap bisa membantu menghilangkan rasa tak nyaman yang terjadi di telinga. Ketika telingamu terasa tertutup karena perubahan ketinggian akibat pesawat atau lift, maka kamu bisa mengurangi rasa tak nyaman ini dengan menguap.

Menguap adalah refleks pertahanan telinga selama perubahan ketinggian yang cepat atau kondisi lainnya. Pasalnya, menguap membantu menyamakan tekanan udara di telinga.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini