MATA INDONESIA, TOKYO – Hallo Gaes, jika Anda ingin berwisata ke Jepang, sesekali mampirlah ke Aogashima. Ini adalah sebuah pulau kecil yang terletak di Laut Filipina, Jepang, berjarak sekitar 358 kilometer dari Tokyo dan 64 kilometer dari selatan Hachijo-jima.

Pulau ini merupakan pulau terpencil di kepulauan Izu.

Aogashima adalah bagian dari Taman Nasional Fuji-Haikone-Izu yang dikelola oleh Pemerintah Daerah Tokyo. Seluruh pulau ini adalah pulau vulkanik, bahkan mempunyai gunung yang masih aktif.

Pulau Aogashima terbentuk oleh 4 buah kaldera yang saling tumpang tindih, Kaldera adalah cekungan atau kawah vulkanik yang terbentuk akibat letusan gunung berapi. Pulau ini memiliki luas wilayah sekitar 8,75 km2, dengan panjang 3,5 km dan lebar 2,5 km.

Pulau ini juga dikelilingi tebing yang tinggi dan terjal . Bentuk Pulau Aogashima cukup unik, seperti puding yang terbalik di piring. Namun Aogashima adalah gunung berapi dengan kawah raksasa yang merupakan sebuah pulau dan bisa dihuni oleh manusia.

Kini tercacat ada 170 penduduk yang mendiami pulau tersebut, tak heran jika hanya ada satu sekolah dasar, satu sekolah menengah atas, dan satu kantor pos. Umumnya, para penduduk hidup bertani dan pegawai pemerintahan.

Seperti dikutip dari indiatimes.com, gunung ini terakhir kali meletus pada 1785, yang saat itu menewaskan sekitar 140 orang dari total 375 penduduk.

Meskipun termasuk gunung berapi kelas C, gunung tersebut tetap harus diwaspadai karena suatu-waktu bisa saja meletus.

Selain tanah yang subur, Aogashima juga dikaruniai pemandangan yang indah. Tempatnya yang jauh dari keramaian, membuat tempat ini jarang dikunjungi oleh wisatawan.

Jika ingin ke tempat ini hanya bisa menggunakan helikopter atau kapal laut. Helikopter yang berkapasitas 9 orang, take off dari Pulau Hachijojima. Dan terdapat pula dermaga yang sedang dibangun agar mempermudah akses kapal.

(Mila Arinda)

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here