PSBB, Bolehkah Tetap Berolahraga di Luar Rumah? Berikut Tipsnya!

Baca Juga

MATA INDONESIA – Berolahraga sudah menjadi hal penting yang wajib dilakukan bagi semua orang di masa pandemic ini. Tujuannya untuk menjaga stamina serta meningkatkan daya tahan tubuh.

Sayangnya di masa pandemik dan diberlakukannya kembali PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di sejumlah wilayah membuat berolahraga di luar rumah seperti lari, bersepeda dan olahraga yang berinteraksi dengan orang dibatasi.

Namun beberapa orang, masih saja tetap melakukan olahraga di luar rumah. Salah satunya adalah bersepeda dan lari. Nah sebaiknya apa yang paling pas saat melakukan kegiatan olahraga? simak tips Jubir Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Dr Reisa Broto Asmoro berikut ini :

1. Intensitas 
Di masa pandemi ini olahraga yang disarankan oleh badan kesehatan dunia (WHO) adalah olahraga dengan intensitas ringan hingga sedang, misalnya seperti lari-lari kecil. Olahraga dengan intensitas yang berat untuk saat ini kurang disarankan. Hal ini dikarenakan pasca berolahraga butuh waktu tubuh kita untuk kembali ke kondisi normal. Proses ini membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan saat melakukan olahraga dengan intesitas yang lebih ringan. Dalam kondisi ini, daya tahan tubuh kita akan menurun dan membuat seseorang lebih beresiko terinveksi virus covid 19.

2. Perhatikan kondisi kesehatan tubuh
Jika sudah memilih jenis olahraga yang ingin dilakukan, pastikan untuk memperhatikan kondisi tubuh. Jika muncul rasa pusing, sesak nafas dan mual segera hentikan. Banyak opsi yang dapat dipilih ketika melakukan olahraga dirumah seperti olahraga tanpa alat, senam SKJ, Zumba atau Yoga.

3. Perhatikan unsur keamanan
Seperti yang kita ketahui bahwa covid 19 dapat menular melalui percikan air liur, maka usahakan untuk tetap menjaga jarak aman dengan orang lain. Jarak aman dengan orang lain adalah 3-4 meter dan 10-20 meter ketika bersepeda. Gunakan masker saat bertemu dengan beberapa orang. Sesekali boleh dilepas untuk menghirup udara.

4. Tempat berolahraga
Sebaiknya hindari tempat untuk berolahraga yang terlihat ramai dari kerumunan orang banyak, pilihlah tempat yang luas dan juga minimnya orang-orang yang berada pada tempat yang akan dipilih untuk berolahraga.

5. Protokol kesehatan
Pastikan untuk selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah berolahraga. Seluruh peralatan olahraga disemprot disinfektan sebelum dan sesudah olahraga, dan jangan lupa untuk segera mandi dan berganti pakaian sesampainya di rumah setelah melakukan aktifitas berolahraga diluar rumah.

Reporter: Dhelana Unggul Parastri

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini