Prokes Tetap Jalan Meski Sudah Divaksin? Ini Alasannya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Menjalankan protokol kesehatan (prokes) dengan memakai masker dan menjaga jarak harus tetap dilakukan meski sudah mendapat vaksinasi Covid-19. Terutama bila berada di ruang publik dengan kondisi pertemuan sedang dan besar.

Dokter Speasialis Menular Kristin Englund, MD menegaskan bahwa orang yang sudah divaksinasi tetap harus menghindari interaksi langsung terutama dengan orang yang tidak divaksinasi.

“Orang yang divaksinasi penuh tetap harus menghindari kontak langsung dengan orang yang tidak divaksinasi,” kata Kristin.

Meski demikian, orang yang telah divaksinasi penuh bisa menghadiri pertemuan kecil di dalam ruangan tanpa masker dengan orang lain yang juga sudah divaksinasi penuh.

Selain itu, orang yang sudah divaksinasi penuh bisa mengadakan pertemuan kecil dengan orang lain dari satu rumah tangga yang tidak divaksinasi. Dengan syarat, tidak ada satu pun di dalam rumahnya yang dianggap memiliki resiko tinggi.

Kendati demikian data awal memang menunjukkan kemungkinan adanya penurunan penularan di antara orang-orang yang divaksinasi.

Namun masih banyak yang harus dipelajari tentang seberapa efektif vaksin terhadap varian Covid-19 dan apakah vaksin tersebur mencegah orang menyebarkan virus atau tidak.

Maka tindakan pencegahan yang baik adalah dengan mengenakan masker, menjaga jarak, dan mengamati tindakan pencegahan saat kita tidak merasa yakin pada kinerja vaksin.

Kondisi ini sekaligus memperlihatkan bahwa seseorang yang sudah mendapatkan vaksin bukan berarti bisa hidup normal seperti sebelum pandemi. Alasannya, vaksin tidak serta merta menghindarkan dari penularan virus Covid-19 , selain kita juga perlu menjaga keselamatan orang lain dengan menjalankan prokes dengan disiplin.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini