Salah satu pojok serambi Kopi Klotok. (demokrat.or.id)

MINEWS.ID, YOGYAKARTA – Minggu 28 April 2019 pagi, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD memamerkan kepada pengikut akun twitternya Kedai Kopi Klothok, di kaki Gunung Merapi.

Dia setengah mempromosikan kedai kopi yang tampaknya sangat nyaman untuk bersantai.

“Di daerah Pakem, dekat Kaliurang, Yogya ada kedai Kopi Klothok. Yg tersedia di sana bkn hanya kopi tapi jg masakan2 tradisional yg enak. Pagi2 tadi sarapan bersama dua dosen muda FH-UGM Prof. Eddy OS Hiariej dan Dr. Zainal Arifin “Uceng” Mochtar di Kopi Klothok,” begitu cuitannya.

Ternyata promosi pakar hukum tata usaha negara tersebut tidak salah. Kedai yang terletak di Desa Pakem tersebut sudah banyak diulas berbagai media, dari media mainstream sampai media sosial oleh para traveller maupun pecinta kuliner.

Kedai tersebut terletak di tengah kampung yang asri dengan hamparan sawah mengitarinya.

Suasana berada di perkampungan Jawa sangat terasa karena bangunan yang dijadikan kedai benar-benar joglo atau limasan khas Jawa Tengah yang menurut pemiliknya Sri Handayani berasal dari rumah neneknya diboyong dari Megelang.

Meski begitu, pengunjung kedai dipersilakan memilih tempat sesuai selera masing-masing. Bisa di dalam atau serambi rumah, bisa juga di bangku-bangku halaman seperti dilakukan Pak Mahfud.

Pemilik kedai juga menyediakan tikar yang bisa digunakan di tempat-tempat lain halaman rumah itu yang diinginkan pengunjung.

Meskipun dikenal karena kopinya yang enak, namun kedai itu tidak hanya menyediakan kopi dan kudapan yang menemaninya, tetapi juga makanan berat.

Tentu saja makanan yang disediakan juga makanan tradisional orang Jawa seperti lodeh kluwih, lodeh terong, lodeh tempe lombok ijo, sayur asem, dan sop ala ndeso.

Makanan berat yang ada di Kopi Klotok

Selain itu ada juga lauk yang tak kalah ndesonya seperti pindang goreng, telur dadar, tempe garit, dan sambel dadak.

Kamu bisa makan sepuas-puasnya di situ, karena memang tidak boleh membeli untuk di bawa pulang.

Tapi jangan khawatir bakal bikin kantong jebol, sebab makanan dan minuman di situ dihargai per itemnya, mulai dari Rp 1.500 hingga Rp 11.500. Tak ada harga satuan yang lebih dari itu.

Satu-satunya yang harus Kamu khawatirkan adalah tidak kebagian tempat di kedai tersebut. Sebab sejak dibuka pukul 07.00 WIB halaman parkir kedai sudah penuh dengan parkir kendaraan pengunjung.

Seperti halnya Profesor Mahfud MD dan dua rekannya, Sabtu dan Minggu kedai itu selalu ramai dikunjungi mereka yang ingin menikmati suasana pagi pedesaan Jawa. Kedai itu tutup pada pukul 22.00 WIB.

Warung Kopi Klotok Pakem terletak di Jalan Kaliurang Km 16, Pakembinangun, Pakem, Sleman. Dari arah selatan (Jogja) kamu tinggal menyusuri jalan utama menuju Kaliurang.

Sesampai di Km 16, perhatikanlah penunjuk arah bertuliskan SMPN 3 Pakem. Nah, tepat di samping penanda arah tersebut silahkan belok kanan mengikuti jalan desa, Warung Kopi Klotok ada di ujung jalan menghadap ke arah utara.

Wisatawan bisa mampir ke warung ini setelah berkunjung ke objek-objek wisata di kawasan Kaliurang seperti Museum Ullen Sentalu, Museum Gunung Merapi, Tlogo Putri, atau objek wisata lainnya.