Pria Juga Bisa Kena Kanker Payudara, Yuk Kenali Tandanya!

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Bukan hanya perempuan, kanker payudara pun bisa dialami oleh pria. Meskipun tergolong jarang terjadi, kanker payudara ditemukan lebih banyak menyerang pria berusia 60 hingga 70 tahun.

Menurut para pakar, jika tanda-tanda kanker ini diketahui sejak dini, maka akan bisa dihindari agar tidak tumbuh.

Hingga kini, anehnya, penyebab kanker payudara pada pria masih belum diketahui pasti sebabnya. Meski begitu, kanker payudara pria sama berbahayanya dengan kanker payudara perempuan. Tanda-tandanya pun terbilang sama.

Tanda-tanda itu mulai dari munculnya benjolan di payudara namun tidak terasa nyeri, perubahan warna kulit seperti kemerahan dan bersisik, termasuk warna puting, dan keluarnya cairan dari puting yang menyerupai pendarahan.

Tipe kanker yang paling sering menyerang pria adalah kanker duktus atau ductal carcinoma. Duktus adalah saluran yang membawa air susu ke putting payudara.

Cara mendeteksi kanker payudara pun sama seperti perempuan. Dokter akan melakukan pemeriksaan kelainan jaringan payudara, lalu dilakukan pemeriksaan penunjang seperti USG, mammogram dan biopsy untuk memastikan keberadaan kanker payudara.

Pengobatannya pun sama, meliputi pembedahan, radiasi, kemoterapi, dan terapi hormon. Semakin awal Anda mendeteksi dugaan kanker, maka semakin baik penanganan yang bisa dilakukan sebelum terlanjur parah. (Ryan)

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini