Pria Ini Diklaim Jadi Orang Kedua yang Berhasil Sembuh dari HIV

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Seorang ahli biologi HIV bernama Ravindra Gupta mengklaim salah satu pasiennya yang ia sebut “pria London”, telah bersih dari infeksi virus HIV. Pria London disebu-sebut sebagai orang dewasa kedua yang bebas dari HIV.

Dilansir dari Huffingtonpost, Senin 18 Maret 2019, tes terbaru menunjukkan jejak infeksi HIV di tubuh pria itu telah bersih. Hal ini terjadi 3 tahun setelah pria tersebut menerima sel induk sumsum tulang dari donor yang resistan terhadap HIV. Selain itu juga karena ia menjalani terapi obat antiretroviral selama 1,5 tahun.

Meski begitu, kata Gupta, pasien tersebut belum sembuh total. Namun sudah dalam fase remisi. “Terlalu dini untuk mengatakan dia sudah sembuh,” katanya.

Sebelumnya, kasus serupa dialami pula oleh pria bernama Timothy Brown. Pria Amerika Serikat itu juga berhasil bersih dari HIV setelah mendapatkan transplantasi sumsum tulang. Dan pria London adalah orang dewasa kedua yang berhasil dibersihkan dari AIDS setelah Brown.

Transplantasi sumsum tulang belakang bisa menjadi cara penyembuhan penyakit berbahaya ini namun memiliki efek samping yang keras. New York Times melaporkan bahwa para ilmuwan mulai membuktikan jika cara tersebut bisa membuat sistem kekebalan tubuh jadi resisten terhadap virusnya.

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini