Posisi Tidur untuk Kesehatan dan Baik Menurut Islam

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Posisi tidur tenyata berpengaruh terhadap kesehatan kita. Jika posisi tidur salah, maka akan mengakibatkan badan sakit saat bangun tidur.

Salah satu masalah yang bisa terjadi apabila kamu tidak mendapatkan posisi tidur yang baik adalah nyeri punggung bawah dan memperparah nyeri yang sudah ada. Lalu bagaimanakah bosisi tidur yang baik untuk kesehatan? Berikut penjelasannya menurut web kesehatan Alodokter.

Jika posisi tidur kamu mengakibatkan ketidaknyamanan atau memicu rasa sakit ketika bangun, maka kamu harus mengganti posisi tidur. Posisi tidur yang baik dapat disesuaikan dengan kondisi kesehatan seseorang. Berikut beberapa posisi tidur yang baik berdasarkan kondisi seseorang:

1.  Posisi tidur tengkurap

Posisi tidur ini cocok bagi kamu yang sering mendengkur saat tidur. Namun untuk kamu yang sedang memiliki nyeri leher atau punggung, hindari posisi tidur tengkurap karena posisi ini bisa menambah tekanan pada sendi dan otot leher. Paada saraf juga dapat menambah nyeri yang sedang dialami.

Jika kamu hanya bisa tidur dalam posisi tengkurap, disarankan untuk menaruh bantal untuk menyangga dahi, dan posisikan wajah atau kepala menghadap ke bawah, ke arah kasur, bukan menghadap ke kiri atau kanan, agar jalan napas lancar terbuka.

2. Posisi tidur menyamping

Posisi tidur menyamping dianggap posisi yang baik untuk mengurangi mendengkur atau mengorok saat tidur. Tidur menyamping juga sangat dianjurkan bagi wanita hamil, dan dianggap baik bagi mereka yang menderita penyakit asam lambung atau sleep apnea.

Namun, posisi tidur ini tidak dianjurkan bagi mereka yang mengalami sakit leher dan sakit punggung. Namun posisi tidur menyamping dapat mengakibatkan payu dara kendor dan menimbulkan kerutan dini pada wajah. Tidur menyamping juga membuat terbatasnya pernafasan melalui diafragma.

3. Posisi tidur terlentang

Tidur telentang memungkinkan kepala, leher, dan tulang belakang Anda beristirahat dalam posisi natural. Hal tersebut terjadi karena tidak asa tekanan ekstra pada tubuh dan tidak menyebabkan rasa sakit di bagian tubuh tertentu.

Posisi tidur ini juga dapat mencegah penyakit asam lambung, namun pastikan bantal yang digunakan menyangga kepala dengan baik. Namun, tidur telentang tidak disarankan bagi orang yang mendengkur saat tidur dan penderita sleep apnea.

Reporter: Nining Melani

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini