Ilustrasi pemutar musik. (Foto: Shutterstock)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Sepanjang tahun 2019 ini banyak sekali lagu-lagu yang diproduksi. Beberapa lagu tersebut ada yang bisa membuat kita merasa senang, semangat, tertawa, bahkan menangis tersedu-sedu.

Tak sedikit pula, lagu-lagu tersebut menjadi viral. Bisa dari beberapa factor, entah itu dari liriknya, melodinya, atau bahkan kisah di balik lagu itu sendiri.

Nah, berikut dertan lagi-lagu yang sempat viral di tahun ini. Lagu apa saja? Yuk kepoin!

1. Kemarin – Seventeen

Lagu pertama datang dari band ternama Indonesia, Seventeen. Lagu ini sempat viral karena kisah dan makna dari lagu mellow tersebut.

Mengenang kembali peristiwa tsunami yang terjadi di Tanjung Lesung, Banten, pada 22 Desember 2018 lalu. Kala itu Seventeen menjadi salah satu pengisi acara “Employee Gathering PLN UIT JBB”, di Tanjung Lesung Beach Resort.

Menurut video amatir yang beredar, dari belakang panggung tampak gulungan air yang besar tiba-tiba menyapu lokasi acara saat Seventeen sedang tampil di atas panggung. Sontak semuanya langsung hanyut.

Pasca tsunami tersebut, diketahui Herman (gitaris), Bani (basis), Andi (drummer), Oki wijaya (manager), dan Dylan Sahara (istri dari Ifan Seventeen) meninggal dunia dan menyisakan Ifan (vokalis) seorang diri.

Lagu ‘Kemarin’ menjadi perbincangan khalayak karena liriknya yang seakan-akan menggambarkan kondisi yang menimpa Ifan setelah kejadian tsunami tersebut. Banyak yang bertanya-tanya tentang kebenaran dari spekulasi itu.

Ternyata sang gitarislah, Herman Seventeen yang menciptakannya. Lagu itu dirilis pada 19 Februari 2016, sementara video klip dari lirik ‘Kemarin’ dipublikasikan pada tanggal 21 Desember 2016.

Benar, lagu tersbeut berbicara soal kematian. Liriknya bercerita tentang perasaan seseorang yang kehilangan orang yang ia sayangi secara mendadak dan hanya bisa terus mendoakan kekasihnya agar tenang di sana.

Pada saat lagunya dirilis pada 2016 lalu, memang tidak begitu menarik perhatian seperti lagu lainnya. Namun saat dirilis pasca musibah tersebut, lagu ini pun jadi melejit dan menuai banyak respon positif.

2. Lily – Alan Walker, K-391 & Emelie Hollow

Di bulan Januari 2019 lalu, Alan Walker bersama K-391 merilis lagu yang berjudul ‘Lily’, yang dinyanyikan oleh Emelie Hollow. Lagu ini masuk dalam albumnya yang bertajuk ‘Different World’.

Masih dengan genre electronic dance music (EDM), Alan kali ini berkolaborasi dengan penyanyi yang memiliki warna vocal yang beragam, hingga menjadikan ‘Lily’ unik dan enak didengar.

Tak hanya irama lagunya, namun liriknya juga mencuri perhatian khalayak. Banyak orang yang berspekulasi tentang makna di balik lirik lagu tersebut.

Dari konspirasi pertama, lagu ini menceritakan human trafficking atau penjualan manusia yang dialami Lily. Lily adalah seorang anak perempuan yang belum mengetahui dunia luar dan selalu terlindungi dari orang-orang protektif.

Semuanya berubah saat Lily mencoba untuk melarikan diri dari tempat itu. Suatu malam ia berhasil kabur dan pergi ke sebuah hutan. Hutan ini adalah kata kiasan dari sebuah kota besar. Lily sudah diberi peringatan untuk tidak pergi ke kota itu, karena banyak orang jahat yang berada di kegelapan.

Lily tak menghiraukannya, hingga ada sebuah suara yang mengatakan, “Ikuti aku ke manapun aku pergi, ke atas gunung atau ladang. Aku akan memberikan semua yang kau impikan. Biarkan aku masuk. Semua yang kamu inginkan akan menjadi suatu cerita indah yang telah diceritakan, dank au akan aman di bawah kuasaku.”

Ada pula yang mengartikan lirik lagu ini dengan illuminati. Jadi lagi ini menceritakan tentang seseorang yang mempunyai bakat seni dan mencoba meraih mimpinya. Namun saat melihat kehidupan yang keras dari dunia entertainment, ia mempercayakan kariernya pada seseorang petinggi illuminati.

Petinggi illuminati tersebut menjanjikan pada Lily, bahwa apapun yang ia mau akan terwujud. Akhirnya Lily percaya pada orang-orang yang berhubungan dengan iblis itu untuk memudahkan kariernya.

Termakan dengan janji-janji itu, Lily sadar jika dirinya sedang dihipnotis dan sedang berjalan di lapisan es yang tipis. Es tersebut bisa retak dan hancur kapan saja, yang membuatnya bisa bangkrut dan gila.

Setelah ia terlepas dari hipnotis tersebut, ia mencoba untuk melarikan diri sambil berteriak mencari bantuan, namun ia masih bisa mendengar suara orang-orang itu yang memanggilnya.

Jadi, kamu percaya pada konspirasi yang mana?

3. Celengan Rindu – Fiersa Besari

Lagu yang dirilis pada tahun 2014 itu baru-baru ini menjadi viral karena sempat dibawakan oleh perempuan bernama Keisya saat audisi Indonesian Idol. Lagu ini juga dinyanyikan ulang oleh seorang YouTuber, Feby Putri, dan sudah ditonton lebih dari 22 juta kali.

Fiersa Besari adalah seorang penulis sekaligus pencipta lagu. ‘Celengan Rindu’ versi aslinya terdengar pop dan riang dengan iringat gitar, bass, dan drum. Pria kelahiran Bandung, 3 Maret 1984 ini sudah menciptakan banyak lagu seperti ‘Wakttu yang Salah’, ‘Garis Terdepan’, dan lainnya.

‘Celengan Rindu’ bercerita tentang sepasang kekasih yang menjalani hubungan jarak jauh, alias long distance relationship (LDR). Mereka berkomunikasi melalui Whatsapp dan memantau satu sama lain di media sosial.

Kadang hubungan itu dibumbui dengan rasa cemburu saat ada seseorang menyebut nama si pacar di media sosial. Hingga tibalah saat mereka bertemu dan jalan-jalan bersama, memecahkan celengan rindu.

4. Senorita – Shawn Mendes & Camila Cabello

Siapa yang tak tahu lagu satu ini? Hampir semua penjuru pasti memainkan lagu ini, di mana pun kamu berada. Entah di pusat perbelanjaan, atau di sebuah tempat makan.

Saking populernya, ‘Senorita’ milik Shawn Mendes dan Camila Cabello ini telah dinobatkan sebagai lagu musim panas 2019 atau ‘Song of The Summer’ versi Spotify. Lagu ini mengalahkan lagu Old Town Roak dari Lil Nas X dan Billy Ray Cyrus, yang telah memecahkan rekor bertengger di puncak tangga musik Billboard 100 selama 19 minggu.

Lagu ini memiliki makna bahwa ada sepasang pria dan wanita yang sudah lama saling kenal. Namun sang lelaki tampaknya tidak mau berkomitmen dalam hubungan ini. Ada pula makna lain dari lagu ini, yaitu pasangan yang ingin meninggalkan hubungan ini, tetapi tidak ada keberanian dari kedua pihak karena rasa cinta yang terlalu besar.

5. Hanya Rindu – Andmesh

Andmesh Kamaleng adalah penyanyi asal Pulau Alor, Nusa Tenggara Timur. Ia menjadi salah satu musisi yang menarik banyak perhatian pecinta musik tanah air.

Lagu ciptaan musisi jebolan Rising Star Indonesia musim kedua ini sukses menarik perhatian pendengar musik Indonesia. Misalnya saja lagu ‘Hanya Rindu’ yang rilis 26 April 2019 lalu.

‘Hanya Rindu’ merupakan single ketiganya setelah ‘Cinta Luar Biasa’ dan ‘Jangan Rubah Takdirku’. Bukan hanya di Indonesia, lagu ini juga diminati oleh orang-orang luar negeri, seperti penyanyi Emma Heesters dan Alexander Stewart.

Siapapun yang mendengar ini pasti merasa mellow, karena lagu ini menceritakan tentang Andmesh dan ibundanya. Namun menurut Andmesh, ‘Hanya Rindu’ tak hanya tentang dirinya dan sang ibu, tapi universal hingga dapat dipersembahkan pada siapa saja yang berarti di kehidupan kita.

6. Solo – Jennie

Lagu ‘Solo’ ini merupakan lagu debut bagi salah satu member Blackpink, Jennie Kim. ‘Solo’ diciptakan oleh Teddy dan 24 pada 12 November 2018. Hingga setahun kemudian, lagu ini masih eksis diputar di mana-mana.

Menjadi member Blackpink pertama yang debut solo, karier Jennie bisa dibilang sukses hingga membuat namanya menjadi salah satu idol K-Pop yang diperhitungkan. Prestasinya dibuktikan dengan berbagai rekor yang ia dapat dari lagu ‘Solo’ ini.

‘Solo’ memuncaki tangga lagu di Korea Selatan sejak resmi dirilis pada 12 November 2018. Lagu ini langsung melesat memuncaki enam tangga lagu secara real time di Genie, MelOn, Bugs, Mnet, Naver, dan Soribada.

Tak hanya di Negeri Gingseng, lagu ini juga menjadi penguasa chart iTunes di 40 negara di dunia setelah beberapa jam dirilis. Antara lain di Argentina, Brasil, Chile, Mesir, Finlandia, Yunani, Indonesia, Swedia, Singapura, Spanyol, Taiwan, Turki, Paraguay, Ponlandia, Kamboja, Malaysia, peru, Vietnam, hingga Arab Saudi.

Lirik lagu ‘Solo’ mengajarkan para wanita untuk percaya diri dan bangga untuk hidup sendiri. Dalam waktu tiga hari, video klip ‘Solo’ ditonton lebih dari 36 juta kali dan berhasil masuk dalam deretan pertama di daftar video Trending di YouTube.

7. On My Way – Alan Walker, Sabrina Carpenter & Farruko

Lagu hits lainnya dari Alan Walker adalah On My Way. Kali ini ia menggandeng Sabrina Carpenter dan Farruko untuk lagu ini. Lagu yang dijadikan soundtrack dari game PUBG ini dirilis pada 21 Maret 2019 lalu.

Uniknya, lagu ini memiiki makna dari dua sisi yang berbeda. Dari sudut pandang game PUBG, lagu ini menceritakan tentang seseorang yang ingin meluangkan waktunya untuk bermain game dan tidak ingin diganggu oleh orang lain.

Lagi ini seolah menganggap game adalah sebuah hiburan, di mana ada emosi dan tangis di dalamnya. Kata ‘On My Way’ sebenaranya adalah kiasan unutuk bagaimana seseorang membuka aplikasi gamenya. Seperti yang diketahui, untuk membuka game ini, kita pasti akan menentukan dulu sebelum turun dengan menggunakan terjun payung.

Sedangkan dari sudut pandang percintaan, lagu ini memiliki makna di mana seorang wanita yang terpaksa meninggalkan orang yang ia cintai untuk memulai kehidupan baru yang lebih baik.

Sejujurnya wanita itu sangat sedih, namun ia menutupi kesedihan tersebut jika ia utarakan sekalipun, orang yang ia cintai tidak akan pernah mengerti isi hatinya karena selalu diabaikan.

Dalam lirik tersebut si wanita juga menceritakan bahwa ia adalah wanita yang menyebalkan dan tak disukai oleh semua orang, jadi ia juga meminta maaf pada orang yang ia cintai karena ia bukanlah manusia yang sempurna.

8. I Love You 3000 – Stephanie Poetri

Lagu yang diciptakan sendiri oleh Stephanie Poetr ini emang udah nggak perlu ditanya lagi kualitasnya. Lagu ini bahkan sudah mendunia.

Musiknya yang ear-catching dan liriknya yang bikin baper ini sukses mendapatkan lebih dari 30 juta views di YouTube. Putri dari Titi DJ itu pun baru-baru ini dikontrak oleh label 88rising.

Stephanie terisnpirasi dari kalimat yang diucapkan anak dari Tony Stark, alias Iron Man daari potongan film End Game. Lagu ini seolah-olah menceritakan bahwa wanita yang dikisahkan dalam lagu ini menganggap pasangannya sebagai Iron Man.

Iron Man ini juga diminta untuk menjadi suaminya karena ia menyayanginya 3000 kali (I love you 3000) dan berharap bisa menjadi pelindungnya juga.

Sudah banyak yang meng-cover lagu ini, bahkan Stephanie Poetri juga mendapat kesempatan oleh idolanya sendiri, Jackson GOT7 untuk remake lagu ciptaannya tersebut. Wah, bangga banget!

9. A Whole New World – ZAYN, Zhavia Ward

Tahun ini Disney merilis film Aladdin versi live action, yang sontak membuat salah satu OST andalannya yaitu A Whole New World kembali diputar. Lagu satu ini memang sulit untuk dilupakan dan mempunyai banyak versi.

Versi aslinya dibawakan oleh Brad Kane dan Lea Salonga. ‘A Whole New World’ dirilis untuk pertama kalinya diciptakan oleh Alan Menken dan Tim Rice. Kesuksesan lagu ini membuat ‘A Whole New World’ dibuat sebanyak 6 versi.

Dalam filmnya, lagu ini dinyanyikan oleh Aladdin saat mengajak Jasmine terbang menggunakan karpet ajaib. Lagu inin bercerita soal Aladdin yang menunjukkan kebebasan pada sang putri yang selama ini terkurung di istana.

10. Thinking Out Loud – Ed Sheeran

Lagu ini sebenarnya sudah lama dirilis, tepatnya pada tanggal 7 Oktober 2014. Dalam video klipnya, Ed menari bersama Britany Cherry. Kabarnya nih, koreografe yang berperan di sini adalah Nappytabs. Totatlitas banget.

Tak lekang oleh waktu, lagu ini menjadi booming sampai sekarang. Liriknya menceritakan bagaimana cinta yang begitu kuat dan setia menemani mereka hingga masa tua. Jiwa mereka tak akan ikut menua, perasaan mereka satu sama lain juga tidak akan pernah pudar.

Lagu romantis ini juga sempat viral lagi karena terdengar adanya suara anak kecil dalam lagu tersebut. Meski begitu, hal ‘menyeramkan’ itu tak luput membuat popularitas lagu ini kian redup. (Dinda)