Perubahan Iklim Sebabkan Kebakaran Hutan, Mitos atau Fakta?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kebakaran hutan merupakan bencana alam yang sempat menggemparkan dunia beberapa tahun terakhir. Penyebabnya meliputi dua faktor, yakni faktor alam dan manusia.

Karena merupakan bagian bencana alam, sering kali kebakaran hutan dikaitkan dengan faktor cuaca. Banyak yang menganggap perubahan iklim menjadi salah satu faktor penyebab kebakaran hutan.

Lantas, apakah perubahan iklim bisa sebabkan kebakaran hutan? Mitos atau fakta?

Dilansir dari BBC, menurut ilmuan, Perubahan iklim mendorong skala dan dampak kebakaran hutan yang pernah terjadi di California, Amerika Serikat. Hasil analisis mereka menemukan faktor pemanasan global dalam meningkatkan potensi kebakaran.

Tinjauan penelitian ilmiah tentang alasan kebakaran hutan menunjukkan bahwa kenaikan suhu memiliki peran utama. Studi menunjukkan bahwa perubahan iklim berada di balik peningkatan frekuensi dan parahnya kebakaran. Hal ini disebabkan dari kombinasi suhu tinggi, kelembapan rendah, curah hujan rendah, dan angin kencang.

Tak hanya di California, hal yang sama juga terjadi di Australia. Kebakaran hutan yang menimpa negeri Kangguru itu juga diakibatkan dari perubahan iklim.

Para ahli mengatakan meningkatnya risiko kebakaran hutan dan suhu lautan merupakan dampak dari perubahan iklim.

Meski demikian, menurut BBC perubahan iklim tak bisa dikatakan sebagai penyebab utama dari kebakaran hutan. Perubahan iklim memengaruhi faktor-faktor yang membantu memicu dan menyebarkan kebakaran, seperti kekeringan besar, angin kencang, kelembaban rendah, dan suhu panas yang tinggi.

Sehingga dapat dikatakan perubahan iklim bukan satu-satunya faktor penyebab kebakaran hutan. Hanya saja, iklim yang ekstrem bisa memperparah kebakaran tersebut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini