Perhatian, Ini Penanganan Tepat Bagi Penderita Gejala Sinusitis
Ilustrasi flu. (unsplash.com)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Secara umum, penyebab sinusitis disebabkan infeksi dan pembengkakan sinus atau rongga wajah. Hal ini terjadi karena ada penyumbatan di dalamnya. Beberapa gejala yang dirasakan penderita sinusitis yaitu dimuali dari hidung tersumbat sehingga menyebabkan pernapasan tidak lancar. Ditambah lagi dengan ingus yang berwarna kuning atau kehijauan.

Batuk di pagi atau malam hari disertai nyeri pada bagian wajah juga bisa menjadi tanda gejala sinusitis yang harus diwaspadai.

Maka, dokter spesialis Telinga Hidung Tenggorokan (THT) Hemastia Manuhara mengemukakan penanganan gejala sinusitis yang tepat yakni mulai dari pemberian obat ringan hingga menambah asupan vitamin dan mineral.

“Jika baru merasakan gejala awal, ada baik penanganan awal dengan pemberian obat dekongestan. Sekitar 10 hari sampai gejalanya hilang,” kata Hemastia.

Adapun pemberian obat dekongestan ini berfungsi untuk menangani hidung tersumbat layaknya obat flu dengan kandungan pseudoefedrin. Tidak hanya itu, mengonsumsi paracetamol juga dianjurkan bagi orang yang mengalami gejala awal sinusitis berupa nyeri pada wajah dan sumbatan di hidung.

Vitamin C juga penting bagi penderita dengan gejala awal sinusitis karena bisa menjaga daya tahan tubuh. Kedua kandungan vitamin dan mineral itu bisa membantu meningkatkan imunitas tubuh.

Selain itu, mencuci hidung dengan rutin juga dinilai bisa menjadi salah satu cara untuk menghilangkan sumbatan-sumbatan yang ada di rongga hidung.

“Ini yang paling penting, setidaknya dilakukan tiga kali satu hari untuk menghilangkan sumbatan-sumbatan yang ada di rongga hidung,” kata Hemastia Manuhara.

 

 

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here