Perhatian, Ini Beberapa Manfaat Sikat Gigi Lama yang Wajib Anda Ketahui

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Sikat gigi yang sudah digunakan selama beberapa bulan umumnya akan mengalami penurunan kualitas kelembutan bulu sikat gigi. Akibatnya, bisa melukai gigi, lidah, dan dinding pada rongga mulut. Meski demikian, sebaiknya Anda tidak langsung membuang sikat gigi lama karena masih bisa dialihfungsikan sebagai piranti untuk membersihkan perabotan rumah.

Namun sebelum digunakan, sikat gigi lama harus dibersihkan dulu. Mengingat sikatnya telah berbulan-bulan digunakan untuk membersihkan gigi. Kemungkinan besar sikat sudah menyekap berbagai bakteri dan kuman yang berasal dari rongga mulut.

Maka, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan sikat gigi lama. Melansir dari Pop Science, sikat gigi sudah tentu bisa menyekap residu makanan yang ada di gigi dan menyekap bau tidak sedap dari sisa makanan.

Untuk membersihkannya diperlukan pemutih dan air dengan perbandingan 1:9. Sementara Dr. Domenica Sweier dari University of Michigan School of Dentistry mengimbau untuk merendam sikat gigi di larutan pemutih selama 15- 20 menit. Tidak hanya sikatnya namun gagangnya bisa direndam dalam waktu yang sama untuk memaksimalkan proses pembersihan. Kemudian sikat gigi bisa dibilas dengan air bersih dan air hangat lalu dikeringkan.

Satu hal yang terpenting adalah Sweier tidak merekomendasikan sikat gigi lama untuk membersihkan makanan atau peralatan yang bisa masuk ke dalam mulut. Penyebabnya, sikat masih berisiko menyebarkan kuman meskipun sudah dibersihkan.

Maka, gunakanlah sikat gigi untuk menyikat dan membersihkan perabotan rumah yang tidak berhubungan langsung dengan proses oral. Beberapa manfaat yang bisa digunakan yaitu untuk membersihkan sela-sela jendela, membersihkan cerukan pada sofa dan guci-guci, rantai sepeda, perhiasan, atau digunakan membersihkan dinding-dinding kamar mandi.

Namun, sebaiknya sikat gigi diberikan tanda yang menunjukkan bahwa sudah dialihfungsikan. Tujuannya agar berbeda dengan sikat gigi yang masih digunakan untuk membersihkan gigi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini