International Women's Day

MATA INDONESIA, JAKARTA – International Women’s Day atau Hari Perempuan Internasional jatuh pada hari ini, Senin 8 Maret 2021. Perayaan ini sebagai bentuk menyuarakan aspirasi wanita untuk kesetaraan gender dan juga apresiasi atas apa yang telah wanita lakukan selama ini.

Hari Perempuan Internasional sudah berlangsung selama lebih dari satu abad. Perayaan ini berlangsung pertama kali pada tahun 1911.

Dilansir dari situs, International Women’s Day, perayaan tersebut juga memiliki simbol warna yang penuh makna. Seperti warna ungu, hijau dan putih.

Warna ungu menandakan keadilan dan maratabat seorang perempuan. Sejatinya, wanita ingin mendapatkan keadilan salah satunya memperjuangkan kesetaraan gender.

Kemudian, warna hijau. Warna tersebut melambangkan harapan tinggi seorang wanita. Serta warna putih melambangkan kemurnian kaum perempuan. Warna-warna tersebut berasal dari Serikat Sosial dan Politik Wanita di Inggris pada tahun 1908.

Hari Perempuan Internasional adalah hari global untuk merayakan pencapaian sosial, ekonomi, budaya, dan politik perempuan. Hari tersebut juga sebagai ajang menyerukan kesetaraan gender yang ingin didapatkan wanita.

Di tahun 2021 ini, International Women’s Day menyusung tema ‘Choose to Challenge’. Tema tersebut memiliki makna dunia yang penuh tantangan dan kewaspadaan. Maka, dari tantangan tersebut, muncullah perubahan pada sosok wanita.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here