Senin, Oktober 18, 2021

Percobaan Bunuh Diri, Yuk Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Jagat hiburan tengah digemparkan oleh kasus bunuh diri yang dilakukan aktris Korea Selatan, Song Yoo-jung. Ia dilaporkan tewas bunuh diri pada Sabtu 23 Januari 2021.

Sebelum Yoo-jung, sejumlah selebritis dunia juga banyak yang diberitakan tewas lantaran mengakhiri hidupnya sendiri. Maka, kamu perlu tahu apa saja penyebab dari percobaan dan keinginan seseorang untuk bunuh diri.

Dilansir Alodokter, percobaan bunuh diri adalah sebuah situasi di mana seseorang melakukan suatu hal yang dapat mengakhiri hidupnya sendiri. Situasi ini dapat dipicu oleh berbagai faktor, misalnya depresi, dampak dari penyalahgunaan obat, atau masalah dalam kehidupan.

Dilansir dari Healthline, lebih dari 45 persen orang yang meninggal karena bunuh diri didiagnosis memiliki penyakit mental. Umumnya, depresi menjadi faktor kuat seseorang memutuskan untuk bunuh diri.

Selain itu, ada beberapa faktor lainnya yang menyebabkan seseorang hilang akal dan memilih untuk mengakhiri hidupnya. Apa saja penyebabnya yuk simak!

1. Riwayat Bunuh Diri Keluarga

Memiliki riwayat keluarga yang pernah melakukan bunuh diri juga menjadi faktor seseorang mengikuti jejaknya. Mereka merasa setelah tak lagi hidup di dunia ini, masalah dan beban yang ia pikul bisa segera hilang. Hal itu bisa ia lihat dari sanak keluarganya yang juga pernah melakukan hal serupa.

2. Penyalahgunaan Zat

Seseorang yang mengalami penyalahgunaan zat dan obat-obatan juga termasuk yang rentan dengan perbocaan bunuh diri. Akal sehatnya tak bisa berpikir dengan jernih, ditambah masalah pribadi yang ia pendam. Hal tersebut bisa memperkuat seseorang melakukan perobaan bunuh diri karena kondisi mental dan akalnya yang sedang tidak stabil.

3. Trauma

Sseseorang yang mengalami trauma berat akan sesuatu juga bisa menjadi faktor kuatnya percobaan bunuh diri. Pengalaman buruk yang terjadi pada mereka di masa lalu dapat terbentuk di dalam alam bawah sadar seseorang.

Pada akhirnya, akan terasa adanya kesulitan untuk keluar dari trauma tersebut. Sehingga mereka melakukan jalan pintas dengan melakukan bunuh diri.

Cara Mengatasi

Tentu percobaan bunuh diri bisa diatasi sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Salah satu langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi dan mencegah perbocaan bunuh diri ialah:

1. Jauhkan Dari Benda-benda Berbahaya

Jika kamu bersama seseorang yang mengalami mental tidak stabil dan ada tanda-tanda ia ingin mengakhir hidupnya, kamu bisa mencegah dengan menjauhkan benda-benda berbahaya seperti, gunting, pisau, pistol, tali, obat-obatan dan sebagainya.

2. Berikan Obat Sesuai Resep Dokter

Jika depresi yang dialami cukup berat, kamu bisa membantu seseorang tersebut dengan meminum obat penenang yang sesuai dengan resep dokter. Obat tersebut bisa membuatnya lebih rileks dan dan tidak membabi buta. Sehingga bisa mencegahnya melakukan tindakan bunuh diri.

3. Berikan Dukungan

Sseseorang yang ingin mengakhiri hidupnya lantaran dirinya tak kuat menanggung beban dan masalahnya seorang diri. Untuk itu, sebagai kelaurga teman atau pasangan, kamu pelru memberikannya dukungan.

Katakan padanya bahwa dirinya tak sendiri. Ingatkan pula bahwa masih ada orang yang menyayangi dirinya sehingga ia tak perlu melakukan hal tersebut.

BERIKAN KOMENTAR POSITIF

Ayo berikan komentar
Tuliskan nama

Berita Terbaru

Netizen Panik, Agensi Sebut Kim Seon Ho Tak Bisa Dihubungi

MATA INDONESIA, JAKARTA - Agensi aktor Kim Seon Ho sukses membuat netizen cemas. Pasalnya, mereka mengatakan aktor tersebut tak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini