Perbedaan Kecepatan 4G dan 5G Jauh Banget

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Ketika banyak pengguna internet di Tanah Air belum bisa menikmati kecepatan internet maksimal di jaringan 4G, teknologi 5G sudah di depan mata. Berbagai perusahaan telekomunikasi, provider internet, produsen ponsel hingga pemerintah negara pun berlomba-lomba menghadirkan jaringan 5G sesegera mungkin.

Sejak awal tahun 2019, sudah banyak pabrikan ponsel pintar (smartphone) yang mulai memproduksi smartphone dengan dukungan jaringan 5G. Beberapa perusahaan operator besar juga sudah mulai menyediakan jaringan 5G di wilayah tertentu.

Sebagai model jaringan terbaru, tentunya 5G menjanjikan beberapa keunggulan kalau dibandingkan dengan 4G. Lalu, faktor apa saja yang membedakan jaringan 4G dan 5G?

Pada dasarnya 5G memang disiapkan untuk jadi jaringan yang lebih pintar, lebih cepat, dan lebih efisien dari 4G.

Secara umum, kecepatan 5G bisa mencapai 10Gbps. Kecapatan itu sekitar 100 kali lebih cepat kalau dibandingkan dengan kecepatan yang bisa dicapai 4G. Hal tersebut bisa terjadi karena 5G menggunakan frekuensi yang jauh lebih tinggi untuk menyebarkan sinyal.

Sinyal 5G tercatat bekerja pada frekuensi 30 GHz sampai 300 GHz. Sementara 4G cuma tersedia di bawah 6 GHz saja.

Tingkat frekuensi tersebut juga lah yang menyebabkan 5G punya kecepatan transfer data lebih cepat. Selain itu, kapasitas data yang yang bisa dikirimkan juga jauh lebih besar dari 4G. Hasilnya, dalam efisiensi waktu, proses pengiriman data dengan 5G jadi jauh lebih efisien dari 4G.

Salah satu perusahaan telekomunikasi Verizon pun memamerkan kecepatan internet mereka yang telah berjalan di jaringan 5G. Kecepatannya memang luar biasa.

Dikutip dari Cnet, Verizon memamerkan kecepatan internet 5G dengan memakai dua ponsel Motorola, yaitu Moto Z3 dengan jaringan 4G dan ponsel Moto 5G. Diuji dengan aplikasi Speedtest, jaringan 4G mendapatkan kecepatan download rata-rata di 27,9 mbps. Sedangkan jaringan 5G mencapai 634 mbps.

Sedangkan untuk kecepatan upload, jaringan 4G mencapai 17,7 mbps. Sedangakan kecepatan upload jaringan 5G bisa tembus sampai 23,7 mbps.

Sebagai catatan, pengetesan tersebut dilakukan di jaringan seluler Verizon di Amerika Serikat yang memiliki infrastruktur jaringan lebih mapan dibanding kebanyakan negara.

Dengan kecepatan download dan upload sebesar juga sestabil itu, tak heran banyak pihak yang berminat untuk segera menghadirkan teknologi 5G.

Sinyal 5G yang terpancar juga dinilai sangat terarah dan bisa digunakan di sekitar pemancar sinyal lainnya tanpa menimbulkan gangguan.

5G menggunakan panjang gelombang yang lebih pendek. Hasilnya kontrol sebaran sinyal bisa lebih baik. Sebaliknya, 4G memiliki sinyal yang bisa dibilang lebih liar pergerakannya. 4G juga jaringan yang sulit dikontrol, sebaran sinyal yang tidak teratur itu berpotensi membuang energi dan tenaga dari pemancar.

Dengan segala keunggulannya, 5G memang sangat diharapkan untuk bisa segera hadir di masyarakat.

Reporter: Indah Utami

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Harga Daging Sapi di Bantul mulai Turun, Ini yang jadi Penyebabnya

Mata Indonesia, Bantul - Setelah Lebaran, harga daging sapi di Bantul mulai mengalami penurunan secara perlahan. Nur Wijaya, Lurah Pasar Niten, membenarkan hal tersebut dengan mengatakan bahwa pada 15-16 April 2024, harga daging sapi sudah stabil.
- Advertisement -

Baca berita yang ini