Peralatan ini Perlu dimiliki untuk Rawat Tanaman Hias!

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Memiliki tanaman hias tidak selesai setelah dipajang, melainkan harus merawatnya agar tetap hidup dan segar dilihat. Untuk itu, perlu peralatan yang memadai agar tidak asal-asalan melakukan perawatannya.

Berikut ini Mata Indonesia merangkum peralatan yang perlu dimiliki untuk merawat tanaman hias di rumah. Yuk simak apa saja itu!

Sekop
Alat pertama yang dibutuhkan adalah sekop. Sekop digunakan untuk memindahkan tanaman atau untuk membuat media tanam baru. Memang, bisa saja menggunakan tangan, tapi jika akar tanaman hias terlalu dalam sekop akan mempermudah menggali. Sekop juga dapat membantu memecahkan tanah yang padat, jadi tangan tidak perlu mengeluarkan tenaga lebih.

Penyiram Tanaman
Selanjutnya, alat yang perlu kamu gunakan adalah penyiram. Kamu bisa menggunakan alat siram yang berbentuk teko maupun spray.

Pemakaian alat siram berbentuk teko, jika menyiram tanaman dengan jumlah air yang banyak sampai membasahi tanah tanaman. Sementra spray penyemprot, biasanya digunakan hanya untuk penyiraman tanaman yang butuh cukup sedikit air, atau sekedar menyegarkan daun-daun tanaman hias.

Penggunaan alat siram biasanya jika tanaman hias kamu berada dalam pot. Namun, jika tanaman itu ditanam di tanah pekarangan rumah, Kamu bisa menggunakan selang yang ujungnya ditambahkan konektor semprotan, agar dapat langsung menyiram dari air keran. Pastikan semprotan disesuaikan tekanan airnya agar ketika menyemprot tidak merusak tanaman hias kamu.

Nampan Kerikil
Alat ini berguna jika tanaman hias kamu berada di dalam ruangan. Penggunaan nampan kerikil ini menjadi penyelamat dari tumpahan air di dalam pot, setelah tanaman hias kamu disiram.

Nampan kerikil juga dapat menjadi media untuk penyerapan air dari bawah pot. Caranya, isi nampan hingga permukaan krikil tergenang dengan air, kemudian letakan pot tanaman hias kamu di atasnya.

Pastikan juga tanaman hiasnya adalah tanaman yang selalu perlu disiram. Kalau tidak, cara ini akan membuat tanaman hias tersebut mati karena terlalu banyak menyerap air.

Gunting
Alat lainnya yang kamu perlukan adalah gunting. Gunanya untuk memotong daun maupun batang pada tanaman hias, agar lebih rapih tampilannya.

Gunting yang digunakan sebenarnya bisa jenis apa saja yang penting cukup kuat untuk memotong batang tanaman hias. Meski begitu, menggunakan gunting tanaman memang lebih baik karena sudah pasti konstruksinya dibuat untuk memotong batang atau daun tanaman.

Alat-alat tersebut perlu dimiliki, jika Kamu ingin merawat tanaman hias dengan baik. Perhatikan juga jenisnya, sesuai dengan kebutuhan tanaman hias yang dimiliki. Selamat merawat dengan baik! (Reporter: Fiolita Dwina Astari)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini