Penyimpanan WhatsApp Selalu Penuh? Ini Cara Mengatasinya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Penyimpanan dalam aplikasi pesan WhatsApp kerap penuh dan menjadi kendala bagi pemilik ponsel dengan memori internal kecil. Bahkan penggunanya merasa tidak pernah memiliki banyak file yang tersimpan.

Terdapat beberapa cara agar penyimpanan tidak penuh dan memakan memori internal. Pertama yaitu dengan menghapus semua file yang tersimpan di WhatsApp. Menurut Wired, obrolan WhatsApp paling lama berjalan dan aktif menjadi salah satu kemungkinan menghabiskan penyimpanan memori internal.

Langkah yang bisa dilakukan adalah dengan menghapus semua pesan, foto, kontak, gif, video, dokumen serta pesan audio yang tersimpan.

Kedua, yaitu dengan menonaktifkan filtur unduh otomatis. Cara ini bertujuan supaya WhatsApp tidak secara otomatis mengunduh foto dan video melalui jaringan Wifi atau data seluler untuk memberikan akses cepat ke file bersama pesan. Mengingat, filtur untuk mengunduh secara otomatis memakan bandwith internet pengguna tetapi juga memakan memori yang besar dari waktu ke waktu.

Terakhir, yaitu dengan menghapus cache pada aplikasi WhatsApp. Ini merupakan langkah alternatif apabila memori internal masih belum bisa diselamatkan. Namun sebelum menghapusnya, pastikan terlebih dahulu untuk menyimpan cadangan obrolan pada WhatsApp.

Inilah beberapa cara yang bisa dilakukan supaya ruang penyimpanan tidak penuh. Diharapkan ruang penyimpanan memori internal berkurang dan kinerja ponsel tidak akan lemot.

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Upaya BIN Tanamkan Nasionalisme Generasi Muda

Badan Intelijen Negara Republik Indonesia (BIN RI) terus berupaya untuk menanamkan semangat dan rasa nasionalisme kepada para generasi muda...
- Advertisement -

Baca berita yang ini