Oshin
(Foto: Japan Times)

MATA INDONESIA, SHIZUOKO – Anda yang besar di tahun 80-an dan awal 90-an pasti mengenal serial drama Jepang, ‘Oshin’. Penulis naskahnya, Sugako Hashida, meninggal dunia.

Sugako meninggal dunia di rumahnya di Kota Atami, Shizuoka, Senin 5 April 2021 karena kanker limphoma. Dia meninggal dunia di usia 95 tahun. Demikian dikutip dari Japan Times, Rabu 7 April 2021.

‘Oshin’ adalah serial drama televisi yang pertama kali tayang di 1983. Drama ini menceritakan seorang gadis cilik yang lahir di desa miskin dan berubah menjadi wanita sukses yang memiliki banyak pasar swalayan.

Serial yang terdiri atas 297 episode dengan durasi masing-masing episode 15 menit itu dianggap sebagai salah satu drama televisi Jepang terbaik dengan rating mencapai 62,9 persen.

Serial ‘Oshin’ diputar di lebih dari 10 negara, seperti Cina, Iran, Thailand, Amerika Serikat, dan juga Indonesia. Dulu, serial ini disiarkan oleh TVRI.

Sugako lahir di Seoul, Korea Selatan. Dia menjadi penulis naskah drama setelah bergabung dengan Shochiku Co. Sugako menerima Order of Culture pada 2020 dari pemerintah Jepang atas kontribusi dan pencapaian di bidang budaya.

‘Oshin’ dibintangi oleh Ayako Kobayashi, Yuko Tanaka, Nobuko Otowa, Pinko Izumi, Shiro Ito, Masatoshi Nakamura, dan Tsunehiko Watase.

Tak hanya ‘Oshin’, Sugako juga pernah menulis serial drama lainnya, ‘Wataru Seken wa Oni Bakari’ yang tayang pada 1990. Di situ digambarkan masalah lazim di rumah tangga Jepang, seperti ketegangan antara ibu rumah tangga dan ibu mertuanya.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here