Vitamin C sangat dianjurkan untuk kaum perempuan. (Foto: Favim)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kaum perempuan di seluruh dunia memainkan berbagai peran di setiap sektor kehidupan. Sementara perempuan berjuang keras untuk menjadi yang terbaik di bidang dan profesinya, mereka kerap mengabaikan satu hal, yakni kesehatan.

Perempuan cenderung melewatkan beberapa suplemen paling bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, contoh sederhana, mengkonsumsi sayur dan buah-buahan yang mengandung Vitamin C. Sebagaimana diketahui, Vitamin C dapat meningkatkan kekebalan tubuh, inilah alasan mengapa Anda perlu mengkonsumsinya setiap hari.

Karena perempuan melakukan banyak tugas sepanjang waktu, menjalani gaya hidup yang sibuk dan sering menjadi mangsa banyak penyakit gaya hidup, suplemen seperti Vitamin C menyeimbangkan apa yang bisa hilang dari makanan mereka. Melansir Times of India, berikut beberapa manfaat Vitamin C untuk perempuan.

Antioksidan yang penting untuk produksi kolagen

Nutrisi yang larut dalam air ini berperan sebagai antioksidan kuat yang dibutuhkan untuk perkembangan dan pemeliharaan arteriol, jaringan parut, dan tulang rawan. Kolagen adalah zat yang diproduksi secara alami oleh tubuh. Namun, produksi zat ini berkurang seiring bertambahnya usia. Vitamin C berperan penting dalam produksi kolagen sehingga mengurangi keriput dan gejala serta tanda penuaan.

Selama kehamilan dan menyusui

Karena kebutuhan janin yang sedang berkembang dan bayi yang sedang tumbuh, kebutuhan vitamin C harus ditingkatkan untuk perempuan hamil dan menyusui. Status Vitamin C untuk perempuan hamil seringkali lebih rendah daripada perempuan tidak hamil, mungkin karena transfer aktif Vitamin C ke janin. Perempuan dengan komplikasi kehamilan dapat memiliki status vitamin C yang jauh lebih rendah. Pemberian vitamin C pada ibu hamil berpotensi menurunkan risiko komplikasi terkait kehamilan.

Menurunkan stres dan hipertensi

Stres dapat mempengaruhi berbagai proses dalam tubuh seperti produksi hormon, siklus menstruasi, kesuburan pada perempuan dan pria, serta fungsi pencernaan dan kekebalan. Vitamin C membantu mengatasi indikator khas stres fisik dan emosional. Ini juga menurunkan tingkat hormon stres.

Sedangkan hipertensi merupakan faktor risiko penting untuk penyakit kardiovaskular pada perempuan tetapi sering kali diremehkan dan tidak terdiagnosis. Insiden tekanan darah tinggi yang tidak normal dapat diturunkan dengan asupan vitamin C.

Peningkatan penyerapan zat besi

Suplemen vitamin C dapat membantu meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan. Vitamin C membantu mengubah zat besi yang sulit diserap, seperti sumber zat besi nabati, menjadi bentuk yang lebih mudah diserap. Hasilnya, ini dapat membantu mengurangi risiko anemia pada orang yang rentan terhadap kekurangan zat besi.

Menurunkan risiko penyakit jantung

Suplemen vitamin C telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung. Suplemen ini dapat mengurangi dampak faktor risiko yang diketahui untuk penyakit jantung seperti kadar kolesterol LDL (jahat) dan trigliserida dalam darah yang tinggi.

Pengaturan aliran menstruasi

Vitamin C dapat meningkatkan kadar estrogen Anda dan menurunkan kadar progesteron. Hal ini menyebabkan rahim berkontraksi dan lapisan rahim rusak, yang menyebabkan terjadinya menstruasi.

Bagaimana seharusnya Anda mendapatkan Vitamin C?

Buah jeruk, tomat dan jus tomat, serta kentang merupakan penyumbang utama Vitamin C. Sumber makanan baik lainnya termasuk paprika merah dan hijau, buah Kiwi, brokoli, stroberi, kubis brussel, dan melon.

Tidak semua buah dan sayuran memiliki kadar vitamin C yang sama. Misalnya, pisang dan apel memiliki kandungan vitamin C yang cukup rendah sedangkan jeruk, stroberi, tomat, kiwi memiliki kandungan yang lebih tinggi.

Vitamin C adalah vitamin yang larut dalam air yang harus diperoleh dari makanan atau suplemen. Vitamin C memainkan peran penting dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda sehingga memungkinkan Anda menjalani hidup yang sehat.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here