Penghargaan Para Musisi untuk Rhoma Irama dan Soneta

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Siapa yang tak mengenal Raden Haji Oma Irama atau Rhoma Irama. Legenda di musik dangdut ini merupakan salah satu musisi besar Tanah Air. Bicara Rhoma tentu tak bisa dipisahkan dari grup Soneta. Bisa dibilang, Soneta ada karena Rhoma Irama.

Sudah 50 tahun Rhoma dan Soneta berkiprah di dunia musik dangdut. Puluhan musisi Tanah Air pun menyampaikan selamat kepada Rhoma Irama atas kebersamaanya dengan Soneta. Sedikitnya ada 50 musisi yang menyampaikan dan dukungannya di channel youtube Rhoma Irama Official, 11 Desember 2020 lalu.

Kesuksesan Rhoma Irama di dunia musik dangdut tak bisa dilepaskan dari grup Soneta. Sebab Soneta yang mengiringinya dari satu panggung ke panggung lainnya. Meski di antara para personel Soneta, sebagian telah ada yang meninggal namun hingga kini grup Soneta masih eksis.

Sedikitnya ada 50 musisi yang menyampaikan dukungan dan doa untuk Rhoma Irama dan Soneta. Salah satunya adalah pasangan musisi Dwiki Darmawan dan Ita Purnamsari.

”Saya Dwiki Darmawan, Saya Ita Purnamasari, kami mengucapkan selamat ulang tahun yang ke 50 tahun untuk legenda musik Indonesia Soneta Grup.” 

Selain itu musisi rock Ahmad Albar dan para personel Godbless pun memberikan komentarnya.

”Kami dari Godbless mengucapkan selamat ulang tahun yang ke-50 buat Soneta grup semoga tetap eksis.’

Rhoma membentuk Soneta Grup pada tahun 1973.  ”Saya dan Soneta bermain musik untuk dakwah,” ujar Rhoma Irama.

Awalnya Rhoma membentuk grup band yang beraliran pop pada 1963. Namun, karier Rhoma bersama band yang bernama Gayhand tersebut kurang berhasil.

Kemudian awal tahun 1970, Rhoma bertemu dengan Elvy Sukaesih yang juga dijuluki sebagai Ratu dangdut. Tak lama setelahnya, Rhoma dan Elvy membentuk Soneta Grup yang bertujuan untuk memadukan musik yang mempunyai unsur barat, timur tengah, dan melayu.

Berusia makin senja, baik dirinya maupun Soneta Group, Rhoma Irama tak berniat untuk membubarkan group yang selama ini menemaninya. ”Nggak pernah ada, apapun dinamika Soneta tidak pernah sekalipun terpikir untuk membubarkan Soneta,” katanya.

Sampai sekarang pun, sebagai bentuk penghargaan kepada musisi-musisi yang menjadi personel Soneta, Rhoma Irama bahkan masih menyantuni para keluarga anggota Soneta Group. ”Kami adalah keluarga besar, Insya Allah kami akan tetap bersama,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini