Penelitian Singapura: Pasien Corona Tak Lagi Menular Setelah 11 Hari

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Sebuah temuan baru terkait virus Corona berhasil diungkap para peneliti dari Pusat Nasional Penyakit Menular Singapura (NCID) serta Akademi Penyakit Menular dan Pengobatan Kedokteran.

Dalam makalah penelitian terbarunya, para peneliti menyebut jika setelah 11 hari pasien Covid-19 tidak lagi akan menularkan penyakitnya. Jadi, mereka bisa dipulangkan dari rumah sakit.

Dilansir dari The Strait Times, Rabu, 27 Mei 2020, para peneliti mengatakan makalah terbaru mereka ini bisa membuat pemerintah Singapura mengubah syarat pemulangan pasien Corona.

Namun, pada akhirnya keputusan untuk mengubah syarat pemulangan pasien tetap berada di tangan Kementerian Kesehatan (MOH).

“Kementerian Kesehatan akan mencermati pernyataan dan mengevaluasi bagaimana kita bisa menyesuaikan dengan hasil temuan terbaru tentang masa penularan pasien Covid-19 untuk rencana manajemen perawatan pasien,” kata Profesor Leo Yee Sin, Direktur Eksekutif NCID.

Jika makalah penelitian terbaru itu diterima sebagai masukan oleh MOH maka 80 persen pasien bisa langsung dipulangkan setelah 11 hari dirawat. Bukan lagi 14 hari seperti masa isolasi sebelumnya.

“Secara keilmuan saya sangat yakin ada cukup bukti bahwa pasien itu tidak lagi menulari setelah 11 hari,” ujar Profesor Lee.

Sementara itu, pasien yang kondisinya parah bisa tetap dirawat. Meski begitu mereka juga tidak akan lagi menulari penyakitnya setelah 11 hari. Sehingga tak perlu ditempatkan di ruang isolasi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini