Penderita Diabetes Harus Banyak Makan Paprika, Ini Alasannya

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Penderita diabetes harus begitu hati-hati dalam memilih makanan. Salah sedikit, kadar gula meningkat dan berdampak buruk bagi tubuh.

Segala makanan harus ekstra dibatasi, baik pemilihan menu maupun jumlah yang dimakan. Namun, penderita diabetes tidak perlu khawatir jika yang dimakan adalah paprika.

Mengutip thehealthsite.com, paprika adalah salah satu makanan yang boleh dikonsumsi penderita diabetes dalam jumlah banyak. Alasannya adalah seperti berikut ini:

1. Kaya Antioksidan

Penderita diabetes rentan alami stres oksidatif akibat peningkatan kadar gula dan masalah hiperlipidemia. Paprika mengandung antioksidan yang disebut phytochemicals yang berperan menangkal dan mengatasi radikal bebas yang dilepaskan akibat stres oksidatif tersebut, sehingga diabetes bisa lebih terkontrol dari berbagai risiko penyakit.

2. Rendah Kalori

Penumpukan kalori menjadi sebab utama terjadinya obesitas. Sedangkan obesitas termasuk salah satu sebab utama yang memicu terjadinya diabetes.

Paprika mengandung sedikit kalori yang memicu pembakaran lemak lebih efektif untuk mengendalikan berat badan dan menjaga kenaikan kadar gula lebih terkontrol.

3. Memperlambat Pencernaan Karbohidrat

Saat karbohidrat begitu cepat dicerna tubuh, maka kadar gula pun akan naik drastis. Hal ini umum dialami setiap tubuh, tapi berbahaya bagi penderita diabetes.

Paprika mengandung senyawa anthocyanin yang mengontrol dua enzim pencernaan, yaitu alfa-glukosidase dan lipase. Enzim alfa-glukosidase yang terkontrol akan secara perlahan mencerna karbohidrat dan melepas glukosa lebih aman, sedangkan lipase membantu pankreas dalam proses degradasi lemak. (Ryan)

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini