Pendaftaran SNMPTN Dibuka 4 Januari 2021, Simak Jadwal Lengkapnya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kabar gembira bagi adik-adik yang ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) akan dimulai 4 Januari 2021. Seleksi ini menggunakan nilai akademis siswa.

Koordinator Bidang Humas Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Anwar Effendi mengatakan, salah satu syarat bagi para peserta yang ingin mengikuti seleksi ini adalah wajib memiliki akun LTMPT.

Tak usah cemas, caranya gampang kok. Untuk mendapatkan akun LTMPT, siswa dan pihak sekolah cukup mendaftar melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id. Registrasi akan dibuka 4 Januari-1 Februari 2021.

Setelah melakukan pendaftaran, pihak sekolah akan menentukan peserta yang bisa mengikuti SNMPTN berdasarkan kuota yang ditentukan LTMPT, nilai siswa dan akreditasi sekolah.

“Kuota untuk setiap sekolah dan PTN akan diumumkan pada 28 Desember 2020. Layanan masa sanggah terkait kuota bisa diajukan sampai 15 Januari 2021 pukul 15.00 WIB,” ujar Anwar, Sabtu 12 Desember 2020.

Selanjutnya soal pemeringkatan siswa akan dilakukan berdasarkan mata pelajaran tertentu sesuai jurusan siswa. Sekolah bisa mempertimbangkan kriteria prestasi akademik, jika ada siswa yang memiliki nilai sama.

Lalu untuk penetapan peringkat siswa dilakukan 4 Januari-8 Februari 2021, bersamaan dengan pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDDS).

Kemudian siswa melakukan pendaftaran SNMPTN pada 15-24 Februari 2021. Siswa dapat memilih paling banyak dua PTN. LTMPT menyarankan siswa tidak memilih jurusan yang lintas minat dengan jurusannya.

Ketua Pelaksana LTMPT Budi Widyobroto pun mencontohkan, jika siswa tersebut berasal dari Makassar, maka harus mengambil salah satu prodi pada perguruan tinggi yang ada di Makassar. begitu pula dengan siswa yang berasal dari daerah lain.

“Nah ini yang saya tekankan, bapak/ibu (guru) betul-betul bisa memberi info yang benar kepada adik-adik (siswa), karena ada kebijakan ini,” ujarnya.

Seleksi dari SNMPTN akan dilakukan oleh masing-masing PTN sesuai kriteria yang ditentukan. Hasilnya akan diumumkan melalui situs resmi SNMPTN pada 22 Maret 2020.

Jika telah dinyatakan lulus, siswa diwajibkan melakukan pendaftaran ulang. Ketentuan lebih lanjut dapat dilihat di situs masing-masing PTN.

Berikut rincian jadwal SNMPTN :
1. Registrasi akun LTMPT: 4 Januari-1 Februari 2021
2. Penetapan peringkatan siswa oleh sekolah: 4 Januari-8 Februari 2021
3. Pengisian PDDS: 11 Januari-8 Februari 2021
4. Pendaftaran SNMPTN: 15-24 Februari 2021
5. Pengumuman hasil SNMPTN: 22 Maret 2021
6. Pendaftaran ulang peserta lulus SNMPTN: lihat di situs masing-masing PTN

Untuk dicatat: seluruh kegiatan pada hari yang sudah ditentukan akan diakhiri pukul 15.00 WIB.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini